Sukses

Hashim: Gerindra Terbuka jika Ganjar Gabung dengan Prabowo, tapi Jadi Cawapres

Liputan6.com, Jakarta Partai Gerindra membuka peluang untuk Ganjar Pranowo bergabung. Namun, Ganjar harus menjadi calon wakil presiden, sebab jatah calon presiden hanya untuk Prabowo Subianto

"Saya kira terbuka kalau Pak Ganjar mau ikut dengan Pak Prabowo, dengan catatan Pak Prabowo calon presiden," ujar Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hashim Djojohadikusumo ditemui usai deklarasi relawan Prabowo Mania 08 di Gedung Joang, Menteng, Jakarta, Minggu, (12/3/2023).

Hashim menegaskan, Prabowo tidak mungkin menjadi calon wakil presiden. Sebab dibandingkan Ganjar, Prabowo jauh lebih senior dan berpengalaman.

"Saya kira sudah tidak mungkin kalau Pak Prabowo calon wakil presiden. Pak Prabowo jauh lebih senior, 15 tahun lebih tua pengalamannya berbeda kan," ujarnya.

Hashim mengaku kesempatan Ganjar menjadi calon wakil presiden terbuka lebar, tapi tetap harus dengan persetujuan PKB.

"Kemungkinan itu terbuka kalau Pak Ganjar mau jadi tapi harus disetujui oleh PKB. Kan begitu harus disetujui PKB, kami terbuka," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tampil akrab saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jawa Tengah. Jokowi juga terlihat melakukan swafoto bersama Prabowo dan Ganjar.

Berdasarkan foto yang dibagikan Sekretariat Presiden, Kamis, (9/3/2023), keakraban itu terjadi saat Jokowi meninjau lokasi panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Jokowi dan Prabowo terlihat memakai kemeja berwarna putih. Sedangkan, Ganjar memakai seragam dinas Gubernur berwarna cokelat.

Sesekali mereka terlihat berbicara serius. Kemudian, suasana menjadi cair penuh tawa saat berfoto dengan para petani di sawah.

Jokowi nampak memegang ponsel, kemudian bergantian dengan Ganjar. Raut wajah para petani pun senang berfoto bersama mereka.

Kegiatan Presiden Jokowi di Jawa Tengah pada hari ini adalah meninjau lokasi panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

2 dari 2 halaman

Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto Mesra di Jateng, Sinyal Didukung Jokowi di Pemilu 2024

Dua nama yang elektabilitas menguat di Pemilu 2024, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tampil akrab saat mendampingi Presiden Joko Widodo di Jawa Tengah. Presiden Jokowi juga terlihat melakukan swafoto bersama Prabowo dan Ganjar.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Power, Ikhwan Arif memandang keduanya memiliki keterwakilan tokoh yang sangat dekat dengan Presiden Jokowi. Seolah memang ada sinyal dari mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut untuk menjodohkan keduanya.

"secara langsung wacana menduetkan Ganjar-Prabowo atau Prabowo-Ganjar bisa menjadi jawaban atas capres dan cawapres alternatif dari masing-masing koalisi," kata dia saat dikonfirmasi, Kamis (9/3/2023).

"Disamping itu keduanya mempunyai rekam jejak yang jelas di pemerintahan, antara Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto bisa dinilai sebagai sosok yang akan melanjutkan trah Jokowi dan melanjutkan program-program pemerintah yang sudah ada," sambungnya.

Arif menuturkan, kedua tokoh ini sangat memungkinkan terbentuknya koalisi gemuk dengan target partai koalisi ingin menang telak dalam menghadapi koalisi diluar pemerintah, karena sejauh ini garis pemisah antara tokoh-tokoh yang akan melanjutkan program pemerintahan Jokowi dan tokoh-tokoh yang berada diluar pemerintahan Jokowi bisa dilihat dengan pendekatan politik yang dibangun masing-masing tokoh.

"Menduetkan Ganjar dan Prabowo, bisa memperkuat dukungan publik dan pemilih, apalagi kedua tokoh sangat populer dan memiliki nilai elektabilitas yang cukup tinggi dari hasil beberapa lembaga survei," jelas dia.

Keduanya pun memiliki elektoral yang kuat untuk bisa meraih kemenangan di Pemilu 2024. Di mana, sama-sama memiliki basis suara yang besar. "Menyandingkan kedua tokoh membuka keran elektoral yang cukup besar sehingga peluang untuk menang juga semakin besar," jelas dia.

"Menurut saya duet kedua tokoh ini sangat mungkin terwujud apabila kedua tokoh sama-sama ingin maju di Pilpres 2024, terlebih Pak Prabowo harus realistis untuk merebut kemenangan setelah beberapa kali berkompetisi di Pilpres. Dengan memilih pasangan yang populer dan memiliki elektabilitas tinggi adalah pilihan yang sangat rasional dan realistis untuk merebut kemenangan," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tampil akrab saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jawa Tengah. Jokowi juga terlihat melakukan swafoto bersama Prabowo dan Ganjar.

Berdasarkan foto yang dibagikan Sekretariat Presiden, Kamis (9/3/2023), keakraban itu terjadi saat Jokowi meninjau lokasi panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.