Sukses

Kencan Singkat dengan Wuling Cloud EV, Mobil Listrik Minimalis Kaya Fitur

Masuk ke dalam kabin, terutama di bagian pengemudi, mobil listrik Wuling Cloud EV ini menawarkan ruangan yang cukup lega

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik terbaru Wuling Cloud EV sudah resmi dipasarkan di Indonesia. Roda empat bertenaga baterai asal China ini bahkan sudah bisa dipesan di gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, meskipun belum diluncurkan secara resmi di Tanah Air.

Setelah pengumuman terkait pemesanan mobil listrik teranyarnya ini, Wuling Motors sebagai agen pemegang merek (APM) Wuling di Indonesia langsung mengajak media otomotif nasional untuk mencoba kendaraan ramah lingkungan terbarunya ini, termasuk Liputan6.com.

Masuk ke dalam kabin, terutama di bagian pengemudi, mobil listrik Wuling Cloud EV ini menawarkan ruangan yang cukup lega.

Berbeda dengan para pendahulunya, seperti Air ev dan BinguoEV, dimensi mobil listrik anyar Tiongkok ini memang lebih besar, yaitu panjang 4.295 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.652 mm dengan jarak sumbu roda 2.700 mm.

Menemukan posisi berkendara di Wuling Cloud EV ini juga tidak sulit, pasalnya setir dari mobil ini bisa diatur secara tilt maupun telescopic.

Selain itu, untuk kursinya, juga bisa diatur maju dan mundur, serta tingkat kenyamanannya dengan posisi menyender dengan tegak atau lebih santai rebah ke belakang. Selain itu, tombol pengaturan di kursi juga sudah elektrik, sehingga sangat memudahkan pengemudi.

Tawaran terbaru dari Wuling Cloud EV ini, tentu saja pengoperasian beragam fitur dengan tidak banyak tombol yang tersedia. Wuling memberikan pengaplikasian fiturnya lewat head unit model floating dengan ukuran yang besar, 15,6 inci.

Memang, butuh adaptasi, karena pastinya akan mengganggu saat berkendara sambil mencoba mengatur fitur yang tersedia.

Namun, Wuling sendiri sudah mengantisipasi hal tersebut, dengan memberikan dengan perintah berbahasa Indonesia yaitu Wuling Indonesian Command (Wind). Jadi, ketika pengemudi ingin mengoperasikan fitur di mobil ini, hanya harus menyebutkan Halo Wuling, dan pekerjaan selesai.

Kelebihannya, dengan tidak banyak tombol tersedia, tampilan interior Wuling Cloud EV ini terlihat lebih minimalis. Tapi, tidak mengurangi rasa modern dari mobil listrik tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Performa berkendara

Saatnya untuk mencoba Wuling Cloud EV ini di jalanan. Tapi sayang, dalam sesi pengetesan ini, area yang disediakan cukup terbatas. Hanya memutari sekitar hotel, melewati lahan parkir di basement, kemudian menuju jalan raya di sekitaran Kemayoran. Tapi, jika boleh dibilang cukup untuk bisa merasakan impresi berkendara dari mobil listrik ini.

Wuling Cloud EV sendiri, dibekali dengan baterai Lithium Iron Phosphate 50,6 kWh dengan jarak tempuh 460 km. Tenaga motor listriknya, mampu menghembuskan tenaga hingga 100 kW dengan torsi maksimal 200 Nm.

Seperti halnya mobil listrik lain, tarikan awal Wuling Cloud EV ini sangat responsif. Terlebih, mobil listrik ini memiliki 4 mode berkendara, yaitu eco+, eco, normal, dan sport yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan saat berkendara.

Sedangkan untuk suspensinya sendiri, kami merasakan bantingan yang cukup rigid. Namun, hal itu masih bisa ditolerir, dan juga jok Wuling Cloud EV ini, juga cukup empuk sehingga bisa setidaknya meredam bantingan saat mobil berjalan di jalanan yang tidak cukup halus.

Paling menarik adalah, Wuling menyematkan fitur sofa mode, yaitu kursi baris depan bisa direbahkan hingga maksimal sehingga bisa memiliki bentuk seperti sebuah sofa yang cukup nyaman.

 

3 dari 3 halaman

Teknologi Canggih

Selain fitur Wind, atau perintah suara dalam bahasa Indonesia, Wuling Cloud EV ini juga dibekali dengan fasilitas vehicle status monitoring via MyWuling+ menyajikan informasi penting untuk penggunanya mengenai kendaraan secara real-time.

Berbagai informasi seperti lokasi kendaraan, total odometer, sisa daya baterai dan jarak tempuh, hingga status fungsi kendaraan dapat diketahui oleh pemilik Cloud EV.

Kendaraan listrik ketiga Wuling ini juga dilengkapi dengan fitur teknologi pintar lainnya, yakni smart electric tailgate yang dapat dioperasikan melalui perintah suara, head unit, dan key detection sehingga menambah kemudahan saat memasukan dan mengeluarkan barang bawaan melalui bagasi.

Teknologi pintar lainnya, seperti All-Around 360° Camera, Wireless Charger, USB Port dengan kemampuan Fast Charging 20W, hingga 6 speaker turut tersemat pada mobil listrik ini.

Demi menjamin keselamatan dalam berkendara, ragam fitur keselamatan dihadirkan yang terdiri dari Auto Vehicle Holding (AVH), Electric Parking Brake (EPB), Electronic Stability Control, ABS & EBD, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), ISOFIX, sampai dengan 4 SRS Airbags turut mendukung perjalanan yang aman dan nyaman bagi para pengguna Cloud E

Sebagai informasi, Wuling Cloud EV ini juga sudah memiliki harga, meskipun belum resmi dengan banderol rekomendasi Rp 410 jutaan. Tertarik?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.