Sukses

Serba-serbi Mobil Listrik Wuling yang Mendominasi Pasar EV Nasional

Wuling Motors (Wuling) kini memiliki tiga produk mobil listrik yang diniagakan di Indonesia. Bisa dibilang, Wuling menjadi salah satu pemain yang menguasai pasar electric vehicle (EV) nasional

Liputan6.com, Jakarta - Wuling Air ev menjadi produk mobil listrik pertama yang diniagakan Wuling Motors (Wuling) di Indonesia. Debut global mobil listrik imut ini berlangsung di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Di awal kemunculannya, Wuling Air ev tersedia dalam dua varian, yakni Standard dan Long Range. Satu tahun berselang, di pameran yang sama (GIIAS 2023), Wuling Air ev Lite meluncur sebagai tipe terendah dari keluarga Air ev.

Selama dua tahun perjalanan karirnya, Wuling Air ev mendapat respons cukup positif dari masyarakat. Mobil listrik yang telah diproduksi lokal ini berhasil memikat hati konsumen karena bentuknya yang ikonik, harga terjangkau, dan kemampuannya yang bisa diandalkan.

Terlebih lagi, mobil listrik dengan dimensi panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm itu kerap dipercaya menjadi official car partner di sejumlah acara kenegaraan, salah satunya KTT G20 di Bali.

Dalam gelaran PEVS 2024, Arif Pramadana selaku Vice President Wuling Motors menyebutkan, populasi Wuling Air ev sejak diluncurkan hingga kuartal pertama tahun ini mencapai lebih dari 14.000 unit dan telah meraih 11 penghargaan bergengsi.

Bicara soal Wuling Air ev, ada beberapa alasan mengapa mobil listrik mungil ini begitu diminati konsumen. Selain bebas ganjil genap, salah satu alasannya adalah biaya perawatan yang relatif terjangkau, serta sistem pengisian baterai yang mudah.

Apabila dibandingkan dengan mobil konvensional, Wuling Air ev menawarkan Low Cost of Ownership atau biaya kepemilikan yang rendah. Klaim pabrikan, biaya perawatan berkala hingga 100 ribu kilometer hanya Rp2,7 jutaan.

Dan menariknya, mobil listrik ini dapat dicas dimana saja tanpa ribet. Pasalnya, Wuling Air ev menganut sistem pengisian baterai dengan arus AC. Dengan begitu, pengisian bisa dilakukan di rumah menggunakan colokan atau stop kontak biasa.

Mobil listrik ini dibekali dengan berbagai fitur modern yang inovatif, seperti Intelligent Tech-Dashboard, Multifunction Steering Wheel, Integrated Floating Widescreen, serta Futuristic Center Console.

Air ev juga dilengkapi Wuling Remote Control App dengan fasilitas Internet of Vehicle dan Wuling Indonesian Command (WIND) alias perintah suara berbahasa Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wuling Binguo EV

Tak lama setelah kelahiran Wuling Air ev Lite, muncul lah Wuling BinguoEV sebagai model electric vehicle (EV) kedua Wuling pada November 2023. Baru pada Desember 2023, mobil listrik dengan desain yang tak kalah unik ini meluncur untuk pasar Indonesia.

Awalnya model ini hadir dalam dua varian, yakni Long dan Premium Range dengan fitur pengisian AC dan DC. Namun pada Januari 2024 pabrikan berlambang lima berlian itu merilis BinguoEV Long Range AC.

Model dengan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 47,5 persen itu didukung dengan kemudahan pengisian daya yang dapat dilakukan di rumah maupun di SPKLU dengan konfigurasi pengisian daya AC.

EV Hatchback itu hadir dengan desain timeless pada bagian eksterior dan interiornya yang menjadikan kendaraan Wuling BinguoEV sebagai simbol gaya unik, berkelas dan ikonik.

Selain itu, kabin yang lapang serta banyaknya kompartemen juga membuat penyimpanan barang bawaan semakin mudah sehingga lebih mengakomodasi untuk menjawab kebutuhan mobilitas harian.

Safety pengendara pun bakal terjaga dengan maksimal dalam setiap perjalanan. Pasalnya, Wuling BinguoEV dibekali dengan baterai berstandar IP67 serta struktur rangka berbahan High Strength Steel.

Tak hanya itu, fitur-fitur penunjang keselamatan lainnya seperti Auto Vehicle Holding, Electronic Stability Control, ABS & EBD, Tire Pressure Monitoring System, ISOFIX, dan 2 SRS Airbag pun mendukung perjalanan yang aman dan nyaman bagi para pengguna BinguoEV.

Terbaru, pabrikan berlogo lima berlian itu menghadirkan Wuling Cloud EV. Model ini pertama kali diperkenalkan di ajang IIMS 2024 pada Februari lalu. Medium hatchback listrik ini diklaim memiliki jarak tempuh 460 kilometer.

 

3 dari 3 halaman

Wuling Cloud EV

Dan baru-baru ini, tepatnya digelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, Wuling membuka keran pemesanan Wuling Cloud EV dengan harga estimasi Rp 410 juta (Jakarta).

Kehadiran Cloud EV pun melengkapi pilihan konsumen di segmen kendaraan listrik Tanah Air.

"Kami berharap kehadiran Cloud EV di PEVS 2024 akan semakin menginspirasi semangat untuk mengadopsi kendaraan ramah lingkungan di Indonesia," ujar Dian Asmahani di PEVS 2024, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2024).

Dari sisi ekstrerior, desain Wuling Cloud EV terinspirasi dari bentuk awan. Sementara interiornya menonjolkan desain kabin dengan nuansa black pearl yang elegan.

Kabin kendaraan listrik inipun terasa berkelas berkat kehadiran head unit berukuran 15,6 inch dan MID berukuran 8,8 inch, serta bahan kulit berkualitas tinggi yang melapisi dashboard, sandaran tangan pada door trim, hingga konsol tengah.

Sekadar informasi, seluruh produk kendaraan listrik Wuling yang diniagakan di Indonesia telah diproduksi secara lokal di pabrik yang berada di Cikarang, Jawa Barat.

Baik Wuling Air ev, BinguoEV, dan Cloud EV, ditawarkan dengan Lifetime Core EV Components Warranty serta jaringan dealer yang luas mencapai 150 outlet, tentunya memberikan ketenangan konsumen dalam memiliki produk mobil listrik Wuling.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.