Sukses

Sunra Indonesia Bangun Pabrik di Kendal, Kapasitas Produksinya 1 Juta Motor Listrik

PT Sunra Asia Pasific Hi-Tech (Sunra Indonesia) membuktikan keseriusannya dalam menggarap pasar kendaraan listrik nasional dengan memulai proses pembangunan pabrik motor listrik di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah

Liputan6.com, Jakarta - PT Sunra Asia Pasific Hi-Tech (Sunra Indonesia) membuktikan keseriusannya dalam menggarap pasar kendaraan listrik nasional dengan memulai proses pembangunan pabrik motor listrik di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah. Peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan pabrik tersebut berlangsung Jumat (3/5/2023).

Groundbreaking ceremony turut dihadiri Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Indonesia, Taufik Bawazier, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Tengah, Sakina Rosellasari, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko.

Dimulainya pembangunan pabrik Sunra Indonesia dengan total rencana investasi sebesar 120 juta US Dollar sekaligus menandai iklim investasi dalam negeri yang semakin kondusif terutama pada industri kendaraan listrik, khususnya kendaraan roda dua.

"Pembangunan pabrik Sunra di Indonesia penting untuk menjamin kualitas produk dan memberikan layanan purna jual dengan lebih baik," terang Chairman Sunra Group Zhang Chongshun dalam keterangan resminya.

Zhang menyebutkan, pembangunan pabrik Sunra ini menjadi bagian dari bentuk komitmen dan dukungan Sunra Indonesia akan gagasan pemerintah Indonesia untuk mewujudkan strategi ramah lingkungan dan rendah karbon.

"Kami berharap dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap program pemerintah dan mempercepat terbentuknya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia," katanya.

Sekadar informasi, pabrik Sunra Indonesia dibangun di atas lahan seluas 12,7 hektar. Rencananya, pabrik ini akan selesai dalam dua tahap, dengan masa konstruksi selama 18 bulan, hingga siap beroperasi pada 2025.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membuka Lapangan Kerja

Pabrik ini dirancang untuk memenuhi kapasitas produksi tahunan dasar mencapai 1 juta kendaraan listrik roda dua setelah beroperasi penuh nantinya.

Empat proses utama produksi sepeda motor listrik akan dilakukan di pabrik ini, mulai dari pembuatan rangka, pengelasan, pengecatan dan perakitan akhir. Serta akan dilengkapi dengan bengkel motor dan bengkel PACK baterai.

Pembangunan konstruksi pabrik pada tahap pertama mencapai 100.000 meter persegi. Setelah seluruh pembangunan pabrik selesai, Sunra Indonesia akan secara aktif mengintegrasikan sumber daya rantai pasokan, menciptakan ekologi rantai pasokan, dan memungkinkan lebih banyak produsen pendukung untuk melakukan lokalisasi di Indonesia.

Pembangunan pabrik ini tidak hanya akan menambah investasi dalam negeri, menambah pasokan kendaraan ramah lingkungan, namun juga akan membuka peluang baru bagi terciptanya lapangan kerja terutama bagi masyarakat sekitar. Diperkirakan pabrik baru ini dapat menyerap 1.500 tenaga kerja lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.