Sukses

Menkominfo Budi Arie Gandeng DCO Majukan Ekonomi Digital di Negara Berkembang

Pemerintah Indonesia berkomitmen meningkatkan ekonomi digital untuk menekan kesenjangan ekonomi dan digitalisasi di Indonesia maupun di negara berkembang.

Liputan6.com, Jenewa Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi menghadiri pertemuan bilateral dengan Digital Cooperation Organization (DCO) di Geneva International Convention Center (CICG) - Jenewa, Swiss, pada Senin (27/05/2024).

Kedatangan Menteri Budi Arie bersama sejumlah delegasi Kemenkominfo disambut langsung oleh Sekretaris Jenderal DCO Deemah Al Yahya. Dalam Pertemuan yang digelar pukul 10.00 waktu setempat itu, kedua belah pihak membahas akselerasi dan keberlanjutan ekonomi digital di Indonesia dan dunia.

Menkominfo Budi Arie mengatakan Indonesia sebagai negara besar dan kepulauan berkomitmen kuat untuk membangun ekonomi digital.

"Indonesia adalah negara besar yang terdiri belasan ribu pulau. Sebuah tantangan besar bagi kami dalam membangun ekonomi digital. Kami berkomitmen untuk no one left behind," kata Budi Arie.

Menteri Budi Arie menegaskan komitmen Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan ekonomi digital untuk menekan kesenjangan ekonomi dan digitalisasi baik di Indonesia maupun negara-negara berkembang. Indonesia bahkan telah meluncurkan e-government pada hari ini di Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Menteri Budi Arie dan tim juga menekankan pentingnya kebersamaan memajukan negara-negara berkembang di kawasan Selatan dunia atau Global South.

Deemah menjelaskan DCO terus mendorong serta mengembangkan digitalisasi juga ekonomi digital di banyak negara. Dia menceritakan tantangan-tantangan yang dihadapi negara-negara berkembang di Afrika dan Timur Tengah.

“Kami juga berkomitmen dalam mendorong partisipasi serta kontribusi perempuan dalam digital ekonomi,” ujar Sekjen DCO Deemah Al Yahya.

Deemah lantas mengundang Menteri Budi Arie untuk menghadiri General Assembly DCO yang akan diadakan di Amman, Yordania, pada Februari 2025.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kominfo Undang DCO Hadiri Peresmian Pusat Data Nasional di Cikarang

Menteri Budi Arie menimpali dengan balik mengundang Deemah untuk menghadiri peresmian Pusat Data Nasional buatan Pemerintah RI pada akhir Agustus nanti di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Menteri Budi Arie didampingi Dirjen PPI Wayan Toni Supriyanto serta Staf Khusus Menkominfo Sarwoto, Dedy Permadi, Daniel Hutagalung, dan Jobpie Sugiharto.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.