Sukses

Campervan Berbasis DFSK Gelora E Mejeng di PEVS 2024, Perabotannya Lengkap Banget

PT Sokonindo Autmobile meramaikan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 dengan menampilkan campervan berbasis mobil listrik DFSK Gelora E

Liputan6.com, Jakarta - PT Sokonindo Autmobile meramaikan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 dengan menampilkan campervan berbasis mobil listrik DFSK Gelora E. Campervan ini digarap karoseri Delima Mandiri, Bogor, yang kerap membuat beragam kendaraan petualang.

Sebelumnya, karoseri ini juga sudah menggunakan model DFSK Gelora mesin konvensional untuk dijadikan campervan, sehingga untuk mengubah model ini tidak terlalu sulit.

Secara spesifikasi, tidak ada perubahan besar. Gelora E campervan yang diberinama Elektra ini, masih menawarkan dimensi sebuah van dengan panjang 4.500 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 2.000 mm serta jarak sumbu roda 3.000 mm.

Performanya ditunjang oleh electric motor jenis permanent magnet synchronous motor dengan baterai lithium iron phosphate berkapasitas 42 kWh. Baterai ini menawarkan jarak tempuh sekitar 300 km berdasarkan klaim NEDC.

Kemudahan pengisian daya memakan waktu 1,3 jam untuk pengisian dari 20 persen sampai 80 persen dan standar pengisiannya 8 jam.

Kembali soal ubahan campervan EV ini. DFSK Gelora E campervan ini dibalut stiker dengan corak biru yang menarik.

Saat pameran, bagian samping Gelora E terdapat tenda elektrik selebar 3 meter untuk bersantai sedangkan dibagian atapnya terdapat tenda tambahan Dometic TRT 120E yang bisa digunakan untuk tidur di malam hari.

Pihak karoseri menyebut ubahan yang disertakan pada model ini antara lain kursi penumpang berkapasitas tiga orang, dengan balutan kulit sintetis pada interior.

Terdapat jendela model campervan sebanyak tiga buah, furniture untuk kenyamanan kombinasi PVX dan Multiplek dilapis HPL. Penggunaan cross bar custom powder coated untuk keamanan hadir sebagai standar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disewakan

Masuk ke baris kedua, jok yang tadinya memuat tiga orang kini dilipat dan dijadikan tempat tidur yang nyaman. Terdapat layar untuk hiburan di bagian atap dan pada langit-langitnya dibuat cahaya LED bak bintang yang mengingatkan pada langit-langit Rolls-Royce.

Area belakangnya dibuat seperti dapur yang berfungsi lengkap dengan saluran airnya. Pihak karoseri menggunakan sink system Dometic GO Waterjug, meja dan kursi Dometic Go yang sudah terbukti andal digunakan pada campervan.

Beberapa kenyamanan lain adalah hadirnya kulkas Dometic CFX3 55im, serta sistem kelistrikan untuk penggunaan luar ruang. Pihak karoseri menambahkan solar panel 120wp, baterai LFP 12V 200Ah, dan inverter 1 kW MPPT hybrid.

Sayangnya pihak karoseri belum membocorkan dana yang dibutuhkan apabila ada penggemar campervan yang tertarik.

Delima Mandiri berencana untuk menjadikan unit ini sebagai salah satu armada campervan yang bisa disewakan melalui perusahaan Explora Campervan Experience.

Namun jika menengok ubahan campervan Gelora mesin konvensional yang menginjak angka Rp400 juta, kemungkinan dana yang disiapkan tembus Rp500 jutaan. 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini