Sukses

Siap Diproduksi, Double Cabin Pertama Kia Tantang Ford Ranger hingga Toyota Hilux

Kia Tasman adalah kendaraan truk pikap mid-size pertama dari Kia yang rencananya akan dijadwalkan meluncur pada tahun 2025.

Liputan6.com, Sydney - Selain rencana produksi kendaraan niaga listrik PV5 dan PV7 yang tercantum dalam cetak biru jangka menengah perusahaan, Kia baru saja mengumumkan ambisi kendaraan niaga lain yang akan ditenagai mesin diesel, bernama Kia Tasman yang akan menyaingi Ford Ranger, Toyota Hilux, dan Isuzu D-Max.

Kia Tasman adalah kendaraan truk pikap mid-size pertama dari Kia yang rencananya akan dijadwalkan meluncur pada tahun 2025, membuatnya akan meluncur di tahun yang sama dengan PV5 bertenaga listrik.

Meski Kia Tasman ditujukan untuk pasar global yang mencakup Timur Tengah, Afrika, Amerika Selatan, dan beberapa wilayah Asia, Kia telah menegaskan bahwa Australia menjadi pasar utama yang ditargetkan.

Ini diakui sebagai langkah strategis karena truk double cabin, atau yang dikenal sebagai ute di Australia, memiliki popularitas yang tinggi di negara itu.

"Kami secara logis merasa bahwa langkah selanjutnya dalam pertumbuhan dan kehadiran kami di lanskap Australia adalah menambahkan produk yang dikendarai sebagian besar masyarakat Australia," kata General Manager Perencanaan Produk Kia Australia, Roland Rivero kepada Bloomberg.

Nama Tasman juga diambil dari Laut Tasman yang terletak di antara Australia dan Selandia Baru. Nama itu juga merujuk penjelajah Abel Tasman, penemu negara kepulauan Tasmania di Australia.

Meski Tasman ditujukan untuk bersaing dengan model-model mapan yang telah ada di pasaran seperti Ranger, Hilux, dan D-Max, Kia sebagai pendatang baru tidak akan mengganggu penjualan ketiganya.

Pasalnya, Kia memproyeksikan target penjualan tahunan untuk Tasman akan sebesar 20.000 unit, jauh lebih sedikit ketimbang penjualan Ford Ranger yang mencapai 63.400 unit dan Toyota Hilux dengan 61.100 unit pada tahun lalu.

"Ini jelas akan sangat sulit, kami memiliki pesaing yang sangat mapan dan telah melakukan hal ini selama beberapa dekade. Pasti ada peluang di sana untuk mencoba dan mengkonversi beberapa pelanggan dengan melihat pesaing yang sudah ada," tandas Rivero.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemungkinan Spesifikasi Kia Tasman

Melansir Carscoops, tampilan Kia Tasman akan didominasi garis lurus dan tepi tajam. Fasianya yang kotak kokoh akan dilengkapi lampu DRL LED vertikal seperti yang didapati pada Sorento dan EV9.

Di dalam kabinnya, elemen utilitarian akan mendominasi demi memenuhi tujuan menaklukkan medan terjal di Australia.

Masih terlalu dini untuk mengetahui detail teknis tentang Tasman yang masih dirahasiakan jenama asal Korea Selatan tersebut.

Namun, ada kemungkinan Tasman dihadirkan dengan mesin empat silinder CRDi 2,2 liter seperti yang didapati pada Hyundai Santa Fe dan Kia Sorento yang menghasilkan output 199 tenaga kuda dan 441 Nm torsi puncak dengan konfigurasi transmisi otomatis all-wheel-drive.

Di samping itu, terdapat juga potensi ketersediaan opsi V6 turbo-diesel 3,0 liter yang lebih besar.

Tasman akan memiliki kapasitas derek 3,5 ton, muatan minimal satu ton, dan memenuhi persyaratan sebagai kendaraan armada.

Memenuhi kodratnya sebagai kendaraan niaga, Tasman dibuat dengan mempertimbangkan berbagai aktivitas kerja, perdagangan, dan rekreasi.

Kendati demikian, Kia akan memperluas daya tarik Tasman dengan memastikannya tetap cocok sebagai kendaraan keluarga di akhir pekan.

3 dari 3 halaman

Infografis Esemka dan Program Mobil Nasional

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini