Sukses

BYD dan VinFast Masuk ke Pasar Indonesia, Chery Tidak Khawatir

Persaingan industri otomotif di Indonesia dipastikan bakal lebih sengit pada 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan industri otomotif di Indonesia dipastikan bakal lebih sengit pada 2024. Berbagai pabrikan akan masuk, termasuk dari jenama asal China BYD dan juga Vietnam, VinFast.

Dengan kompetisi yang semakin ramai, ternyata tidak membuat salah satu pabrikan Tiongkok, Chery yang sudah terlebih dahulu berbisnis di Tanah Air, khawatir.

Head of Public Relations PT Chery Sales Indonesia (CSI), Rifkie Setiawan mengatakan, pihaknya tetap percaya diri untuk bisa bersaing dengan pabrikan baru ataupun yang juga sudah hadir di Indonesia. Pasalnya, jenama Negeri Tirai Bambu ini mengklaim sudah unggul dari langkah awal ataupun sisi brand image.

"Beberapa survei awareness, kita sudah lumayan dibanding kompetitor, bisa dibilang investasi kita dibanding kompetitor bisa lebih baik. Karena Kompetitor jor-joran banget (dalam hal investasi). Tapi kita dengan strategi yang lebih fokus dan targeting, itu ternyata bisa seefektif itu. Kita juga sudah menang positioning," jelas Rifkie, saat ditemui di Tangerang, belum lama ini.

Saat ini, lanjut Rifkie, Chery hanya harus terus lebih agresif terkait pemasaran produknya di Indonesia, dengan berbagai strategi yang bisa dijalankan.

"Jadi dengan value yang sudah kita dapat selama ini, kita sebenarnya sama sekali tidak khawatir. Karena kita tinggal boosting kegiatan dan awareness lagi. Karena orang sudah tahu (merek kita), Kalau kompetitor kan perlu effort dari awal," kata Rifkie.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Chery Menyambut baik

Sementara itu, pihak Chery juga menyambut positif para pemain atau produsen mobil baru yang akan masuk ke pasar nasional. Dengan semakin banyaknya merek yang bermain, maka akan memperluas juga pasar kendaraan dan memberikan banyak pilihan produk bagi konsumen.

"Sebenarnya ini positif juga untuk market, karena market ini akan tumbuh lebih variatif. Ini juga menjadi awal bagi orang atau pasar agar lebih terbuka untuk bisa mendapatkan informasi dari berbagai macam merek. Jadi mereka bisa memilih brand secara tepat," Rifkie memungkasi.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.