Sukses

Berikut Pilihan Skutik 125 Cc yang Harganya Rp 20 Jutaan

Sepeda motor jenis skutik saat ini menjadi primadona di kalangan masyarakat. Mudah dioperasikan, dan ringkas menjadi salah satu alasan mengapa motor jenis ini digemari

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor jenis skutik saat ini menjadi primadona di kalangan masyarakat. Mudah dioperasikan, dan ringkas menjadi salah satu alasan mengapa motor jenis ini digemari.

Di pasar Indonesia sendiri, pilihan skutik cukup banyak. Salah satunya skutik bermesin 125cc. Model ini cukup laris dipasaran karena dimensinya yang tidak terlalu besar, cukup bertenaga dan harganya tergolong bersahabat.

Berikut ini daftar skutik 125cc dengan banderol Rp 20 jutaan seperti dilansir Oto.com: 

Suzuki Burgman Street 125 EX

Sebagai pendatang baru, Suzuki Burgman Street 125 EX mengadopsi konsep skutik urban modern. Hadir dengan gaya elegan dan performa berkendara yang memuaskan di kelasnya. Menawarkan kepraktisan untuk menunjang mobilitas sehari-hari.

Datang sebagai skutik gambot dengan tampilan mewah. Bodywork tergolong atletis. Bagian depan dibuat agresif serta panel bodi samping hingga buritan dibuat serba tajam dan bersudut. Pakai model floorboard rata dan luas ditambah dengan posisi kaki lurus.

Pakai diameter roda 12 inci yang dibungkus ban 90/90 di depan dan 100/80 belakang. Kedua ban sudah berjenis tubeless. Model anyar punya Combined Brake System.

Dibekali mesin berkubikasi 125 cc, 1-silinder, 4-tak, SOHC, pendingin udara, dan berpengabut Injection Suzuki Eco Performance Alpha. Ia mampu menghasilkan tenaga maksimal 8,4 Hp pada 6.500 rpm dan torsi puncak 10 Nm pada puntiran 5.000 rpm.

Buat fiturnya ada Engine Auto Start Stop, Silent Starter System, bagasi berukuran 21,5 liter, ruang penyimpanan di deck depan, USB port 2A, functional hook dua buah, pencahayaan utama LED, hingga indicator Eco Drive.

Dibanderol Rp24,7 juta OTR DKI Jakarta dan tersedia dalam tiga pilihan warna, ada Mate Platinum Silver, Metallic Royal Bronze, dan Metallic Matte Black.

Yamaha Freego

Opsi pertama dari pabrikan Yamaha ada FreeGo. Tersedia dalam dua varian, tipe standar dijual Rp21,4 juta dan versi Connected Rp23,2 juta OTR DKI Jakarta. Ia merupakan skutik di luar keluarga Maxi dan Classy yang sudah menggunakan fitur Y-Connect buat versi tertinggi.

Bagian fascia mengadopsi desain "Blue Inner Lens" pada LED Position Light. Ada sedikit motif karbon look di bagian tengah dengan pijakan kaki. Jok dan ruang pijakan kaki masih cukup luas. Ban lebar tipe tubeless dan memiliki lampu hazard untuk membantu pengendara dalam keadaan darurat.

Keunggulan yang ditawarkan ada bagasi sebesar 25 liter, ruang penyimpanan yang luas bagian depan (Spacious Front Pocket), hook di bagian Tengah, Smart Front Fuel, Electric Power Socket, Smart Key System (keyless), Answer Back System dan Y-connect untuk varian tertinggi.

Ditanamkan mesin 125 cc SOHC 4-tak, 2 katup, pendingin udara, dengan injeksi bahan bakar. Mampu menghasilkan tenaga 9,5 hp di 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm di putaran 5.500 rpm. Saat menyalakannya tak ada lagi suara bising kitiran dinamo starter. FreeGo sudah pakai sistem SMG (Smart Motor Generator), yang sunyi saat dihidupkan.

Serta terdapat fitur canggih, Stop & Start System dengan sistem otomatis, yang membuat mesin mati saat berhenti lebih dari 5 detik dan menyala kembali saat tuas gas diputar. Fitur ini hanya terdapat di varian Connected.

Untuk versi Connected hadir dengan tampilan warna elegan dan premium. Ada Matte Green dan Prestige Silver. Sedang varian standar ada kelir Matte Blue, Metallic Red, Metallic Yellow, dan Matte Black.

Yamaha Fazzio

Ia merupakan skutik bergaya retro. Memiliki desain ringkas dan modern sekaligus didapuk sebagai model pertama di kategori Classy Yamaha. Varian termurah yang dijual Rp22,44 juta disediakan warna Neo Orange, Neo Red, Neo Beige, Neo Cyan dan Neo Dull Blue. Sementara versi atas yang dibanderol Rp23,050 terdapat Lux Matte Black, Lux Prestige Silver dan Lux White Pearl.

Headlight sudah menggunakan LED, panel meter sudah sepenuhnya digital. Di dalamnya sudah dibenamkan Y-Connect. Fitur keamanan ada Answer Back System dan smart key (keyless). Tersedia pula Electric Power Socket, Double Hook model karabiner, One Push Start, Smart Lock, dan Hazard Lamp. Didukung kapasitas tangki bahan bakar 5,1 liter serta bagasi sebesar 17,8 liter.

Dirinya membawa label hybrid. Teknologi ini lebih fokus pada peningkatan akselerasi awal dan efisiensi bahan bakar saja. Selain itu, untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan sistem hybrid-nya, Fazzio juga dibekali dengan Stop Start System (SSS).

Menyoal jantung mekanisnya, menggendong mesin berkapasitas 125cc, 1-silinder, SOHC, pendingin udara, dan berpengabut injeksi. Tenaga maksimalnya 8,3 Hp di 6.500 rpm dan torsi puncak 10,6 Nm di 4.500 rpm. Mereka memakai sistem starter elektrik berikut pelumasan mesin 0,80 liter. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yamaha Grand Filano

Bila Anda ingin tampil beda, Yamaha Grand Filano bisa jadi pilihan menarik. Dirinya masuk dalam kategori Classy Yamaha menemani Fazzio Hybrid Connected. Skutik yang juga mengadopsi gaya retro dan hadir dalam dua tipe, yakni Neo dan Lux. Harganya saat ini Rp26,750 juta (Neo) dan Rp27,5 juta (Lux) OTR DKI Jakarta.

Grand Filano Hybrid Connected punya fitur-fitur modern. Seluruh pencahayaan sudah mengadopsi teknologi LED. Lalu dirinya memiliki TFT Sub Display. Selain terdapat digital speedometer berwarna, ada pula animasi seperti Welcome dan Goodbye Message, Odometer, Fuel Consumption, serta Power Assist Indicator. Tak lupa pula teknologi Y-connect. Kemudian ada Electric Power Socket, dan Smart Key System (keyless) yang dilengkapi dengan fitur Answer Back System serta lampu Hazard.

Buat kepraktisan ada bagasi sebesar 27 liter dan sudah diberikan lampu LED di dalamnya. Spacious Front Pocket, Convenience Hook Carabiner, dan Smart Front Refuel. Mengadopsi floor dek rata dan luas. Footpeg buat pembonceng bisa dilipat, jadi secara estetika lebih baik dan rapi. Pakai jok model menyatu dengan desain premium bertekstur bordir yang unik (khusus Lux).

Ia dibekali enjin dengan kubikasi 125 cc, 4-tak, SOHC, 2-katup, 1-silinder, pendingin udara, dan berpengabut injeksi Blue Core. Rancang mesin ini mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 8,2 Hp di 6.500 rpm dan torsi puncak 10,4 Nm di 5.000 rpm. Kemudian mesin bakar dikawinkan dengan teknologi hybrid ringan.

Semakin berkelas karena teknologi mesinnya dilengkapi sistem One Push Start, cepat menyala dengan satu sentuhan serta Stop & Start System yang berfungsi mematikan mesin secara otomatis saat motor dalam keadaan idle lebih dari 3 detik. Pengendara juga mendapat kenyamanan dari ban berprofil lebar. Pakai ukuran 110/70 ring 12 inci di kedua roda.

Pilihan warna tersedia Lux White Pearl dan Lux Matte Blue. Versi Neo ada Neo Dull Blue, Neo Red, Neo Beige, dan Neo Black.

Yamaha Lexi

Masih dengan brand yang sama ada Lexi. Punya bekal ruang pijakan kaki yang luas dan rata menjadi nilai plus buat Lexi. Ditawarkan dalam tiga varian, standar Rp23 juta, tipe S Rp26,025 juta dan S ABS Rp28,650 juta OTR DKI Jakarta. Masing-masing dibedakan dari kelengkapan fitur dan warna bodi.

Walau tergolong varian bawah di kelas Maxi, levelnya lebih tinggi dibanding skutik 125 cc Yamaha yang lain. Lantaran buat tipe tertingginya sudah dibenamkan Anti-lock Braking System (ABS) satu channel. Hanya pada roda depan saja.

Selain itu, sudah dibekali keyless (smart key) yang di dalamnya disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor. Di bagian rumah kenop juga disediakan tombol membuka tangki bensin dan bagasi. Lebih praktis.

Lebih lanjut dirinya punya fitur speedometer full digital dengan tampilan negatif (negative display). Kemudian lampu depan sudah mengadopsi teknologi LED, Electric Power Socket untuk pengisian baterai smartphone, serta lampu hazard sebagai tanda ketika pengendara dalam kondisi darurat.

Kenyamanan dapat dirasakan dengan fitur subtank rear suspension. Tapi hanya ada di tipe tertinggi. Ditambah ukuran jok yang lebih panjang dan lebar. Lexi juga bisa diandalkan untuk menampung barang bawaan dalam jumlah banyak, karena memiliki kapasitas bagasi yang cukup besar.

Bicara performa, dirinya dibekali mesin 125 cc Bluecore Yamaha yang efisien, bertenaga, dan handal. Jantung mekanisnya sanggup memuntahkan torsi puncak 11,3 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimal 11,89 PS pada 8.000 rpm.

Sudah dilengkapi pula dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA), membuat tarikan motor selalu bertenaga di setiap putaran mesin. Tak lupa Smart Motor Generator (SMG) yang bikin starter motor menjadi halus suaranya. 

 

3 dari 3 halaman

Honda Vario 125

Dari pabrikan Honda bisa melirik Vario 125. Ditawarkan tiga varian, CBS, CBS-ISS dan CBS-ISS SP. Masing-masing punya diferensiasi dari sisi motif dan kelengkapan fitur.

Dari segi desain, sejak awal keluar selalu mengedepankan sisi sporty. Bagian depan mengusung tampilan V shape. Dilengkapi dengan pencahayaan full LED dan Daytime Running Light (DRL) di atas lampu utama.

Fitur canggihnya ada Smart Key System yang terintegrasi dengan Alarm Anti-theft dan Answer Back System. Teknologi ini hanya terdapat di tipe CBS-ISS. Lalu ada USB Charger dengan daya maksimal 5V 2.1A di kompartemen kiri. Kemudian full digital panel meter dengan informasi lengkap. Kapasitas bagasi 18 liter, Functional Hook buat membawa barang di depan dan tetap berteknologi Combi Brake System (CBS).

Buat urusan jantung mekanis tak ada perubahan. Tetap mengandalkan mesin 124,8 cc eSP 4-langkah, SOHC dengan pendingin cairan dan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Dengan racikan 52,4 x 57,9 mm (bore x stroke) ia bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,1 hp di 8.500 rpm dan memuntahkan torsi sebesar 10,8 Nm di kitiran 5.000 rpm.

Varian teratas dengan warna spesial ada Advance Matte White dan Advance Matte Blue. Menariknya versi ini pakai warna matte pada bodi dan stripe terbaru dikombinasikan dengan sentuhan pelek dan pegangan belakang berkelir titanium. Harganya saat ini Rp24,450 juta OTR DKI Jakarta.

Lalu ada tipe CBS-ISS dengan pilihan warna Advance Matte Black. Istimewanya ada penyematan 3D emblem bertuliskan Vario yang khas. Model ini dipasarkan seharga Rp24,2 juta. Sedang untuk versi CBS hadir dalam dua varian warna yaitu Sporty Black dan Sporty Red. Harganya sekarang Rp22,550 juta OTR Jakarta.

TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart

Di luar produk dari brand Jepang ada TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart. Seperti Yamaha dirinya juga punya fitur konektivitas. Selain itu, nilai jualnya menggabungkan tiga unsur unik. Terdiri power, connectivity, dan style. Harganya Rp21 juta OTR DKI Jakarta.

Ia merupakan pengembangan dari Ntorq 125 Play Smart. Ketambahan teknologi terbaru yang disebut TVS SmartXonnect dan pembaruan sistem penggerak pada CVT-nya. Itulah yang membuat dia dapat disetel dalam beberapa tingkatan (ride mode) dan didukung bobot yang ringan.

Tersedia dua mode berkendara, Racing dan Street. Masing-masing dibedakan dalam hal performa dan konsumsi bahan bakar. Opsi Racing ditujukan bagi pengendara yang menyukai kecepatan.

Sedang Street buat berkendara sehari-hari, yang memungkinkan penggunaan bahan bakar lebih efisien dan sempurna. Mode berkendara dapat diubah menggunakan fungsi sakelar di sisi kanan setang yang menyatu dengan tombol starter.

Punya bekal jantung mekanis berkubikasi 124,6cc, silinder tunggal, 3 valve dan berpendingin udara, ia mampu menghasilkan akselerasi terbaik di kelasnya.

Dalam posisi Racing mode, tenaganya mencapai 10 Hp pada 7.000 rpm dan torsi sebesar 10,8 Nm di putaran 5.500 rpm. Kecepatan tertingginya 98 km/jam.

Sementara kondisi Street mode sama seperti TVS Ntorq versi reguler, yaitu menghasilkan power 9,3 Hp di putaran 7.000 rpm dan torsi maksimal 10,5 Nm di kitiran 5.500 rpm. Top speed yang dapat diraihnya 95 km/jam.

Dalam hal konektivitas diberikan aplikasi TVS SmartXconnect yang dapat di download melalui Google play store ataupun App store. Di dalamnya memungkinkan pengguna untuk mengatur 60 fitur yang diinginkan.

Fitur canggih lain adanya teknologi perintah suara (voice assist) yang tersaji di aplikasi TVS SmartXconnect, bagasi sebesar 20 liter, tangki bensin berada di balik stop lamp, headlamp yang telah dibenamkan Daytime Running Lamps (DRL) seperti huruf ‘T’ dan stoplamp berteknologi LED.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini