Sukses

Gunakan Pabrik Mercedes Benz di Wanaherang, GWM Bakal Bikin Mobil Listrik di Indonesia

Pabrikan mobil asal China, Great Wall Motors (GWM) bakal resmi menjual dan produksi kendaraan listrik di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan mobil asal China, Great Wall Motors (GWM) bakal resmi menjual dan produksi kendaraan listrik di Indonesia. Jenama Tiongkok ini, akan menggunakan fasilitas perakitan milik Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

Sebelumnya, Group Chief Executive Inchdape Plc, Duncan Tait telah menemui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Padjaitan untuk membahas produksi mobil listrik ini secara lokal.

Menko Luhut mengatakan, transisi ke energi baru merupakan tanggung jawab besar antara pemerintah, dan para mitra.

Saat ini, adalah waktunya bagi Indonesia untuk bergerak ke arah energi yang berkelanjutan lewat kendaraan energi baru.

"Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi inisaitif pihak swasta, seperti Inchcape untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan industri kendaraan energi baru di Indonesia," jelas Luhut, dalam keterangan resmi, diterima Liputan6.com, Jumat (29/9/2023).

Sementara itu, hadir sejak 2021, Inchcape dipercaya sebagai distributor kendaraan premium mass dan mewah untuk Jaguar, Land Rover, Harley-Davidson, Great Wall Motor (GWM) dan mulai Oktober 2023, Mercedes-Benz, di mana Inchcape akan mengelola distribusi dan perakitannya.

Khususnya, Mercedes-Benz mengoperasikan pabrik perakitan di Wanaherang, Bogor, yang didedikasikan untuk merakit produk untuk konsumen Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi Besar di Indonesia

Ke depannya, Inchcape berencana memperluas pabrik manufakturnya untuk merakit lebih banyak produk kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV), bersama dengan Mercedes-Benz dan GWM.

"Indonesia merupakan pasar prioritas bagi Inchcape. Potensi besar dan ketertarikan yang terus berkembang terhadap kendaraan energi baru di Indonesia merupakan faktor kunci yang mendorong keputusan pihaknya untuk meningkatkan investasi di Indonesia dan menjadi mitra utama dalam perjalanan Indonesia menuju era energi baru," tegas Duncan, dalam kesempatan yang sama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini