Sukses

Makin Moncer, Penjualan Daihatsu Naik 18.3 Persen hingga Mei 2023

Penjualan Daihatsu di Indonesia hingga Mei 2023 terus mengalami pertumbuhan positif

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan mobil Daihatsu di Indonesia hingga Mei 2023 terus mengalami pertumbuhan positif. Sepanjang 5 bulan tahun ini, ritel pabrikan asal Jepang ini berhasil terkirim sebanyak 87 ribu unit atau naik 18,3 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, yang hanya sekitar 73 ribu unit.

Secara nasional, penjualan ritel otomotif di Indonesia hingga Mei 2023 mencapai sekitar 422 ribu unit, atau naik 10,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu sebanyak 381 ribu unit.

Dari capaian tersebut, kontribusi penjualan ritel Daihatsu terhadap market share ritel otomotif nasional sebesar 20,6 persen, atau naik sekitar 1,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 19,3 persen.

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu pada hingga Mei 2023 didominasi oleh tiga model, seperti Sigra sebanyak 27.348 unit, atau berkontribusi sekitar 31,4 persen, disusul Gran Max PU (Pick Up) 18.120 unit (20,8 persen), dan Terios 12.069 unit (13,8 persen).

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation mengatakan, pihaknya bersyukur hingga Mei 2023 penjualan Daihatsu raih capaian positif dengan penjualan ritel sebanyak 87 ribu unit dengan kenaikan 18,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Semoga capaian baik ini dapat terus berlangsung, dan pasar otomotif tahun ini dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi, dalam keterangan resmi, Jumat (16/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jawaban Daihatsu Soal Minimnya Ubahan pada New Terios

New Daihatsu Terios yang baru-baru ini diperkenalkan dianggap minim ubahan. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pun memberikan tanggapan.

Sri Agung Handayani, Marketing Director & Corporate Planning and Communication Director PT ADM menyampaikan, pasar SUV menjadi salah satu pasar yang berkembang cepat.

Pemain yang dulu sedikit, kini menawarkan beragam desain dan fitur. Meski demikian Daihatsu percaya diri dengan apa yang ditawarkan Daihatsu Terios saat ini.

"Terios itu 60 persen konsumennya merupakan pembeli pertama, karena Daihatsu itu menerapkan product fit pembeli pertama. Jadi penilainnya lebih ke multiguna dan dalamnya lebih lengkap. Saat ini ada juga tawaran pasar SUV medium real ke medium high. Orang Indonesia meski dia family man dia mau kendaraan yang terlihat SUV banget," ucap Sri sesi tanya jawab kepada media di tengah peluncuran Terios terbaru. 

Pertimbangan di atas serta harga yang kompetitif juga yang memupuskan harapan penggemar Terios mendapatkan sentuhan teknologi keselamatan. Daihatsu dikenal dengan fitur Advance Safety Assist (ASA) di model Rocky.

Bahkan di Malaysia, lewat Perodua Aruz yang merupakan kembaran Terios dan Rush, sudah mendapatkan sentuhan ASA yang terdiri dari pre collision warning, pre collision braking, front departure alert dan pedal misoperation control.

Sri menjawab, pihaknya percaya diri dengan tawaran keselamatan yang ada di Terios. Terbaru, Daihatsu meningkatkan jumlah airbag pada Terios menjadi enam titik, serupa dengan yang didapat pada Rush.

"Selain itu kita sudah punya fitur Vehicle Stability Control, hill start assist, anti-lock brake system dan electronic brakeforce distribution. Jadi keamanan sangat mumpuni dan lebih ada di Terios," ucap Sri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini