Sukses

Odometer Toyota Innova Buatan Indonesia Nyaris Sejuta Kilometer, Penumpang Dibuat Kagum

Nama Toyota Kijang Innova rupanya cukup dikenal di luar Indonesia, misalkan saja di kawasan Timur Tengah. Kijang Innova merupakan sebagai salah satu produk Toyota yang masuk ke pasar Arab Saudi, Thailand, dan Filipina.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Toyota Kijang Innova rupanya cukup dikenal di luar Indonesia, misalkan saja di kawasan Timur Tengah. Kijang Innova merupakan sebagai salah satu produk Toyota yang masuk ke pasar Arab Saudi, Thailand, dan Filipina. 

Pada Januari 2023 silam, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengekspor 101.000 unit MPV ke berbagai negara Asia dan Timur Tengah. Salah satunya adalah Kijang Innova.

Berbicara soal MPV Toyota, baru-baru ini sebuah tayangan video Instagram tentang Innova yang dijadikan taksi di salah satu negara di Timur tengah sempat mengundang keheranan penumpangnya. Diduga taksi Toyota Innova tersebut beroperasi di negara Arab Saudi. Adalah pemilik akun Instagram @fahedabusalah merasa heran atas riwayat servis taksi Innova yang dinaikinya.

Pria bernama lengkap Fahed Abu Salah ini memposting di akun Instgramnya dengan judul "Is this possible”, pada Jumat 24 Maret 2023 lalu.

Yang membuat Fahed terkejut, taksi Toyota Innova yang ditumpanginya sudah menunjukan angka jarak tempuh 1 juta kilometer atau tepatnya 999.999 km tanpa pernah dilakukan servis besar.

Pria Arab ini kemudian penasaran dengan melihat informasi kartu taksi (seukuran KTP) yang menjelaskan riwayat dari mana mobil ini berasar Berdasarkan percakapan Fahed dengan sopir, Innova yang dijadikan taksi tersebut merupakan produksi tahun 2018 dan diimpor dari Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanpa Servis Berat

Fahed kemudian menyoroti bagian dasboar yang terdapat indikator kecepatan dan jumlah kilometer yang ditempus taksi ini. Lantas ia bertanya kepada sopir, “999.999 km. It won’t click 1 million. Is the gear changed?”. “No everything,” kata si sopir.

“Engine changed (turun mesin”?” tanya Faed lagi. “No” jawab sopir tegas). Selama membawa taksi tersebut si sopir menyatakan hanya melakukan servis biasa, seperti ganti oli dan part fast moving, tanpa melakukan servis berat.

Innova dengan setir kiri yang ditumpanginya tersebut masih layak beroperasi dan performanya masih cukup baik meski sudah nyaris menembus jarak 1 juta kilometer.

Komentar Netizen

Teman-teman Fahed ikut memberikan tanggapan dalam bahasa Inggris, namun diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. “Banyak orang di sini dalam komentar tidak tahu tentang mesin Toyota, mereka dapat menempuh jarak hingga jutaan km dengan mudah dan masih berfungsi dengan baik setelah itu seperti yang baru, sangat sulit untuk menyingkirkan Toyota,” tulis pemilik akun Instagram @jayanth, .

Komentar lainnya menanyakan transmisi taksi Innova yang dinaiki Fahed. Sebab hal tersebut memberikan pengaruh terhadap usia pakai kendaraan. “Ini transmisi manual atau otomatis ?,” tanya pemilik akun @sunay1986.

“Karena kualitas jalan sangat bagus dan bahan bakar bagus, oli asli dan pengemudi mengendarai dengan cara yang bagus,” timpal netizen Arab lainnya, @qasim_chattha

Bukan warganet Arab saja saja yang terheran-heran. Netizen Indonesia pun menyerbu dan gatal untuk turut berkomentar di akun Instagram Fahed.

  • “Semua buatan Indonesia yang di ekspor itu kelasnya premium. sedang untuk yang di jual Indonesia, kelas teri........... pangkas sana, pangkas sini,” tulis netizen Indonesia dengan akun @nataprawira.
  • “Indonesia is the best,” sambut warganet pemilik akun @akiop0024.
  • Sedangkan komentar netizen Indonesia lainnya menyebut kualitas bahan bakar, cara mengemudi dan jalan yang mulus menjadi memberikan pengaruh besar pada performa Innova yang dijadikan taksi di Arab Saudi,
  • “Jalan bagus. Bahan bakar bagus,” jawab lainnya dengan akun @hariyantoke2022.
  • “Ini mungkin, saya melihat beberapa taksi di dubai, disana pembacaan km sudah mencapai 700k hingga 800k dan masih berjalan dalam kondisi baik,” sebut @daanhari

 

3 dari 3 halaman

Tipe Innova yang Dijadikan Taksi

Dari komentar yang beragam, Sebagian netizen berkesimpulan Innova yang dijadikan taksi merupakan Innova Reborn tipe G bermesin diesel. “Dari speedometernya, type g kyknya,” jelas netizen @athvrll.

Berbeda dengan yang dijual di dalam negeri yang sudah digital, tachometer Innova yang dijadikan taksi tersebut masih petunjuk analog. Hal ini dimaklumi netizen Indonesia mengingat Innova tersebut difungsikan sebagai armada taksi.

Sebelum Zenix hadir, Innova tipe G menjadi pilihan yang cukup diminati oleh masyarakat karena memiliki harga yang terjangkau dan punya fitur cukup memikat.

Toyota Kijang Innova tipe G dilengkapi dengan mesin berkapasitas 2.0L dengan tenaga sebesar 139 PS dan torsi 183 Nm.  Innova tipe G dibekali sejumah fitur mumpunis, seperti  sistem audio yang cukup canggih, AC double blower, hingga power window yang dilengkapi fitur auto up and down pada kaca depan dan belakang.

Untuk fitur keselamatan Innova tipe G dibekali dual SRS airbag, side impact beam, dan ISOFIX

Toyota Kijang Innova tipe G hadir dalam enam varian, yakni G MT, G Luxury MT, G AT, G Luxury AT, 2.4 G MT Diesel, dan 2.4 G AT Diesel. “

Sumber: Otosia.com

Penulis: Nazarudin Ray

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini