Sukses

Lebih Keren dari Suzuki S-Presso, Yuk Intip Spesifikasi Baojun Yap

xKehadiran SUV mungil lansiran Baojun ini bisa menjadi lawan yang serius terhadap eksistensi Suzuki S-Presso. Pasalnya, selain menawarkan desain yang lebih premium, model baru Baojun Yap tersebut juga telah dibekali dengan motor listrik sebagai powertrain utamanya.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran SUV mungil lansiran Baojun ini bisa menjadi lawan yang serius terhadap eksistensi Suzuki S-Presso. Pasalnya, selain menawarkan desain yang lebih premium, model baru Baojun Yap tersebut juga telah dibekali dengan motor listrik sebagai powertrain utamanya.

Bicara mengenai tampilan eksterior, dari bagian depannya sarat dengan nuansa SUV mewah namun dengan dimensi yang lebih ringkas.

Penggunaan lampu LED yang futuristik, ditambah dengan bumper depan bergaya ala SUV Amerika Serikat, memberikan penampilan yang lebih maskulin. Hal tersebut juga ditambah dengan penggunaan wide fender, di mana bentuk bodinya menjadi lebih besar dan memberikan ciri sebuah SUV agresif.

 

Bagian belakangnya juga terkesan lebih menarik lantaran ada kemiripan dengan Range Rover. Bentuk stop lamp yang ditempatkan vertikal, ditambah dengan aksen hitam di bagian tengah pintu bagasi membuat tampilannya lebih premium. Begitupun dengan bumper belakangnya, pabrikan telah menyiapkan desain yang senada dengan karakter SUV.

Menyoal dimensinya, Baojun Yap datang dengan ukuran panjang 3.381 mm, lebar 1.685 mm dan tinggi 1.721 mm serta dengan wheelbase 2.110 mm. Model ini memiliki konfigurasi empat penumpang namun di baris keduanya hanya cukup untuk menampung anak-anak, bukan untuk orang dewasa.

Menelisik spesifikasi yang dibekali pada powertrainnya, SUV Baojun Yap ini dibekali dengan motor listrik tunggal di bagian belakang. Motor tersebut kabarnya mampu menghasilkan tenaga 68 tk dengan torsi puncak 140 Nm. Dengan spesifikasi tersebut, model ini mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 100 kpj.

Sementara itu, perihal baterai yang digunakan menggunakan model lithium iron phospate (LFP), di mana baterai tersebut dikabarkan dapat melahap jarak hingga 303 kilometer dalam sekali pengecasan.

Untuk pertama kalinya, pesaing Suzuki S-Presso ini bakal diperkenalkan pada pameran otomotif Shanghai Auto Show 2023 yang bakal berlangsung pada pekan depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Model MINI Dicontek Perusahaan Tiongkok, Begini Reaksi BMW

Tiongkok memang dikenal sebagai negara yang kerap melakukan duplikasi, baik dari segmen teknologi sampai industri otomotifnya. Banyak produk dari perusahaan di sana yang menghasilkan model jiplakan secara sah diperjualbelikan.

Tidak mau kecolongan atas desain yang dimiliki oleh MINI, BMW sebagai group holding dari brand tersebut melakukan gugatan terhadap perusahaan otomotif Tiongkok, yakni Estech Technology Co.

Perusahaan tiongkok tersebut pernah mengajukan sebuah paten di mana mengadopsi model dari MINI klasik namun hal tersebut akhirnya ditolak karena BMW telah mengambill tindakan hukum untuk tidak meloloskan tiruan tersebut.

"Semua hak paten yang diajukan oleh perusahaan asal Beijing untuk menduplikasi MINI tidak valid," tulis pernyataan koresponden Drive Australia.

Bila memperhatikan foto yang tersaji, memang mobil listrik mungil ini begitu identik dengan MINI, hanya saja ada beberapa bagian yang direvisi agar dapat membedakan model ini dengan MINI aslinya.

Di bagian depan, lampu bulat yang disematkan di ujung bagian depan, ditambah dengan grill unik serta ditopang dengan guard besi.

Untuk bagian belakang pun juga dibuat mirip dengan brand aslinya. Desain samping juga hadir dengan esensi yang kuat seperti mobil lansiran Inggris tersebut.

Ini bukan kali pertama perusahaan di Tiongkok melakukan copy paste terkait mobil atau motor. Beberapa kali mereka juga pernah melakukan duplikasi yang menyerupai Range Rover Evoque, di mana model tersebut menjadi inspirasi dari Jiangling Motors untuk meluncurkan X7 setelah empat tahun Range Rover Evoque diluncurkan.

Setelah kedapatan merilis model yang sama seperti brand asal Inggris tersebut, Jiangling Motors pada 2019 melakukan perubahan besar-besaran guna merubah styling dari kendaraan listrik yang begitu ikonik ini.

3 dari 3 halaman

Infografis Pembelaan Diri Ferdy Sambo, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf di Sidang Pleidoi Kasus Pembunuhan Brigadir J

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.