Sukses

Kawasaki Pastikan Bakal Boyong Motor Listrik ke Indonesia, Tapi..

Tren kendaraan listrik di Indonesia terus berkembang. Dalam pameran-pameran otomotif yang ada, berbagai jenis motor listrik baru terus bermunculan sehingga pemainnya pun semakin banyak.

Liputan6.com, Jakarta - Tren kendaraan listrik di Indonesia terus berkembang. Dalam pameran-pameran otomotif yang ada, berbagai jenis motor listrik baru terus bermunculan sehingga pemainnya pun semakin banyak.

Produk-produk motor listrik yang hadir pun berasal dari merek-merek yang berbeda. Namun mayoritas produk motor listrik yang beredar di pasaran merupakan buatan Tiongkok.

Pabrikan Jepang yang mendominasi pasar kendaraan roda dua Tanah Air belum menunjukkan taringnya dalam memasarkan produk kendaraan listrik. Meski demikian mereka sudah mulai menunjukkan keseriusannya dengan melakukan serangkaian tes pasar.

Honda contohnya yang menampilkan tiga model kendaraan listrik saat IMOS 2022, yakni Honda Gyro E, Benly E, dan PCX listrik. Honda PCX listrik sendiri sejak 2019 telah dipasarkan dengan skema sistem sewa perusahaan.

Sementara Yamaha pada tahun lalu juga telah menghadirkan motor listrik E01 yang digunakan untuk tes pasar hingga akhir tahun ini.

Bagaimana dengan Kawasaki? Presiden Direktur PT Kawasaki Motor Indonesia Jin Inoue menyebut pihaknya pasti akan memperkenalkan model kendaraan listrik.

"Tentu di masa mendatang kami akan memperkenalkannya," kata dia di sela acara Kawasaki Bike Week 2023 di Pantai Festival Ancol, Jakarta Utara, akhir pekan lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Abu-Abu

Kawasaki sendiri telah memamerkan dua motor listrik dalam sebuah pameran otomotif di Italia pada tahun lalu. Dan menurut Inoue, model ini juga akan diperkenalkan ke sejumlah negara.

"Saat EICMA 2022 pada November lalu di Italia, Kawasaki telah memperkenalkan dua tipe kendaraan listrik. Di beberapa negara model ini juga akan diperkenalkan tahun ini. Tapi di Indonesia masih nanti, di masa mendatang," ujarnya.

Kalaupun model kendaraan listrik Kawasaki sudah hadir di Indonesia, dirinya belum dapat memastikan jika model tersebut bakal diproduksi di dalam negeri. Pasalnya, secara volume penjualan menurutnya tidak terlalu besar.

"Tergantung situasi. Kalau volume penjualan di Indonesia besar, itu (produksi lokal) memungkinkan saja, tapi tidak dalam waktu dekat," tutup Inoue.

Sekadar informasi, kedua model motor listrik Kawasaki yang tampil di EICMA 2022 adalah Ninja EV dan Z EV. Secara desain, kedua motor listrik ini sangat mirip dengan model yang telah beredar di pasaran yaitu, Kawasaki Ninja 250 dan Z250.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini