Sukses

Air Bisa Menyusup ke Tangki Sepeda Motor, Kenali Penyebabnya

Air masuk ke tangki bisa diakibatkan beberapa hal, misalnya tutup tangki kurang ditutup secara rapat

Liputan6.com, Jakarta - Tangki bensin sepeda motor terkadang ada air yang masuk. Jika hal tersebut terjadi, sudah pasti tangki harus segera dikuras dan mengeluarkan air dari dalam penampungan bensin.

Sebelum membahas pencegahan air bisa masuk ke tangki bensin, pemilik wajib mengetahui kenapa air bisa masuk ke tangki bahan bakar tersebut.

Dikutip dari laman resmi Wahana Honda, air masuk ke tangki bisa diakibatkan beberapa hal, misalnya tutup tangki kurang ditutup secara rapat. Perlu diketahui, beberapa jenis motor memang ternyata memiliki desain tutup tangki yang kurang bagus.

Di sinilah kemudian ketika hujan turun, atau saat mencuci motor, air kemudian merembes lewat sela-sela tutup dan tangki motor

Selain itu, kerusakan di bagian tutup tangki yang dibiarkan tidak diperbaiki oleh sang pemilik, juga bisa berdampak membuat tangki motor kemasukan air. Coba perhatikan dengan baik, sebetulnya tutup tangki sepeda motor itu memiliki karet melingkar di bagian dalamnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga karet tangki bensin

Sebaiknya selalu jaga agar karet tersebut dalam keadaan prima, tidak sampai robek atau malah tidak terpasang sama sekali. Karena inilah yang bisa membuat air merembes masuk ke dalam tangki.

Tangki motor yang sering dibiarkan kosong juga rawan muncul air dengan sendirinya. Karena air bisa muncul akibat uap di dalam tangki yang tertutup atau istilahnya kondensasi

Uap air begini kalau terus menerus dibiarkan, bisa mengakibatkan tangki keropos sampai fuel pump jadi mampet. Karena itu disarankan untuk menguras tangka secara rutin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.