Sukses

Pertamina Lubricants Siapkan Pelumas Mesin Terbaru, Ada Buat Moge Juga

PT Pertamina Lubricants (PTPL) memiliki beragam produk pelumas mesin untuk kendaraan bermotor. Untuk produk kendaraan roda empat diwakili oleh Pertamina Fastron, sedangkan untuk sepeda motor ada Pertamina Enduro, serta Pertamina Meditran untuk kendaraan komersial.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Lubricants (PTPL) memiliki beragam produk pelumas mesin untuk kendaraan bermotor. Untuk produk kendaraan roda empat diwakili oleh Pertamina Fastron, sedangkan untuk sepeda motor ada Pertamina Enduro, serta Pertamina Meditran untuk kendaraan komersial.

Untuk pelumas sepeda motor, saat ini baru tersedia untuk kapasitas mesin 250cc ke bawah. Namun tidak menutup kemungkinan bagi Pertamina Lubricants untuk menghadirkan pelumas mesin untuk big bike alias motor gede (moge).

Pasalnya, terdapat salah satu produk pelumas mesin mobil yang ternyata ampuh untuk digunakan untuk moge.

"Di tahun lalu ada drag race Harley-Davidson di Jogja, kami support dengan oli yang multigrade 10w-60 Fastron Platinum Racing. Alhamdulillah jadi juara," terang Catur Dermawan, Direktur Finance & Bisnis Support PTPL di Purwokerto baru-baru ini.

Jadi dari sisi formulasi, kata Catur, Pertamina Lubricants bisa membuat oli mesin dengan spesifikasi yang sesuai dengan harapan pengguna big bike.

"Kami juga membuktikan pada temen-temen pengguna moge lewat touring dimana kami support olinya, temperatur mesin katanya lebih dingin dibandingkan oli pesaing," kata dia.

"Cuma memang belum diumumkan karena belum spesifik membuat dengan label khusus untuk big bike," tambah berkacamata yang hobi touring tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu Peluncuran dan Produk Lainnya

Terkait kehadiran produk ini di pasaran, ia belum dapat memastikannya. Namun jika kebutuhan akan oli mesin ini sangat besar bukan tidak mungkin akan dirilis tahun ini.

"Kita lihat perkembangan market nanti. Kalau memang animonya semakin banyak, ditambah lagi pandemi covid-19 sudah tidak ada dan sudah mulai banyak kegiatan, mungkin saja kami akan keluarkan produk untuk big bike di tahun ini," ujar Catur.

Tidak cuma pelumas mesin untuk moge, hampir seluruh lini produk Pertamina Lubricants juga akan mengalami penyegaran di tahun ini. Hal itu disampaikan Asmirandi Noor Hudha, Brand Communication Manager PTPL.

"Teknologi mobil kan berkembang terus. Mau tidak mau teknologi di dalam oli Fastron juga akan ada pengembangan atau rejuvinasi, seperti misalnya API untuk approval-nya yang tadinya SN naik ke SP," kata dia.

"Kami sudah ada rencana untuk itu di tahun ini. Tidak cuma Fastron tapi juga Enduro. Untuk Meditran juga karena ada kebijakan kendaraan komersial sekarang yang harus sudah (standar emisi) Euro 4," tutup pria yang akrab disapa Randi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.