Sukses

Alasan Pentingnya Periksa Ban Setelah Mudik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan mudik lebaran, pastinya menempuh perjalanan yang cukup jauh. Dengan begitu, melakukan pemeriksaan kendaraan, sangat diperlukan agar performa mobil tetap terjaga ketika hendak digunakan kembali untuk aktivitas sehari-hari.

Selain melakukan pemeriksaan komponen, pemilik juga banyak mengecek kondisi ban. Pasalnya, dengan jarak tempuh yang cukup jauh, akan membuat karet bundar mengalami kerja yang cukup berat.

Seperti disitat dari laman resmi Auto2000, hal yang mendasari kenapa ban mobil harus segera dicek sehabis mudik adalah faktor keselamatan, kenyamanan, dan performa mobil itu sendiri.

Ban yang bersentuhan dengan aspal atau permukaan jalan tentu mengalami berbagai kondisi berat sampai ringan selama perjalanan mudik.

Maka penipisan tapak ban, berkurangnya angin hingga keretakan (jika ban tersebut berusia lama) bisa saja terjadi. Oleh karena itu, jangan pernah menyepelekan pemeriksaan ban sepulang mudik.

Hal yang paling mudah untuk dicek secara visual ban adalah tekanan angin dan kondisi luarnya komponen tersebut. Cek keempat ban mobil Anda, jangan sampai ada yang kurang angin, pastikan juga tidak ada retakan maupun benda asing yang menancap atau terselip.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Peran penting

Ban juga berperan dalam pengereman dan pengendali arah mobil yang diatur dari stir mobil. Maka jika membiarkan kurangnya angin dan masalah lainnya pada ban maka bisa saja mobil menjadi aneh ketika dikendalikan.

Sudah dipastikan ban mobil memiliki peranan penting dan karena peranan pentingnya itu maka diperlukan perawatan khusus dalam merawatnya.