Sukses

Antisipasi Kepadatan, One Way Arus Balik di Tol Diprediksi 24 Jam Hingga 8 Mei 2022

Liputan6.com, Jakarta - Mengantisipasi kendaraan saat arus balik Lebaran 2022, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi terus melakukan evaluasi perkembangan lalu lintas mudik di jalur tol dari timur Jawa menuju Jakarta. Hal tersebut, untuk menentukan kebijakan yang akan dilakukan.

“Jadi kita akan terus pantau jam per jam. Kita sudah mulai tadi siang full one way arus balik dari KM 414 sampai KM 47 sesuai rencana semula. Jadi di 47 kita kembalikan ke jalur semula. Kita tidak berharap harus sampai dibuka di KM 28 bahkan sampai ke Halim. Itu artinya deras walaupun itu sangat mungkin kita kerjakan,” kata Firman,  disitat dari laman resmi NTMC Polri, Minggu (8/5/2022).

Kebijakan one way pada arus balik ini, kata dia, diprediksi akan berjalan selama 24 jam hingga Minggu 8 Mei. Hal ini mengingat rasio kendaraan pada arus balik lebaran ini berada di atas angka satu.

“Kita akan lihat perkembangan volume kendaraan dari Jawa Tengah, Jawa Barat hingga Cikarang Utama. Apabila tidak memungkinkan kita akan perpanjang,” terang Firman.

“Tapi sepanjang masyarakat tertib rapi, ada ruang di dalam jalan artinya rasionya dibawah satu bisa saja relaksasi satu lajur untuk contraflow. Mohon diikuti perkembangannya,” sambungnya.

2 dari 3 halaman

Cari jalur alternatif

Selain itu, Irjen Firman mengingatkan kembali kepada masyarakat yang terdampak one way untuk mencari jalan alternatif atau arteri.

“Di samping kita tetap mengupayakan mengkomunikasikan ke masyarakat silahkan jalur bukan tol. malam ini kan asumsi kita masyarakat lokal istirahatnya," tegasnya.

Artinya kalan bisa jadi lengang silahkan manfaatkan yang mau ke Bandung lewat jalan biasa kalau sudah malem begini seperti siang hari ketika masyarakat beraktivitas dengan berjualan dan lain sebagainya,” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Mudik Lebaran 2022