Sukses

Bocoran Banyak Beredar, Ini Kata Daihatsu Soal Avanza-Xenia Baru

Kabar terkait kehadiran generasi terbaru Avanza-Xenia sudah banyak beredar. Apa tanggapan Daihatsu?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar terkait kehadiran generasi terbaru Avanza-Xenia sudah banyak beredar di dunia maya. Bahkan, berbagai rendering atau perkiraan bentuk dan fitur dari low multi purpose vehicle (LMPV) andalan duo Jepang ini, sudah mulai menggoda publik.

Menanggapi hal tersebut, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagi produsen dua mobil sejuta umat ini angkat bicara.

Amelia Tjandra selaku Marketing Director and Corporate Planning & Communication PT ADM mengaku sangat mengapresiasi dan kagum terkait gambar digital terkait Avanza-Xenia ini.

"Saya sangat mengapresiasi dan kagum luar biasa, tapi kapan produk sebenarnya akan di-launching, pada waktunya akan saya kasih tahu," jelas wanita yang akrab disapa Amel, di sela-sela test drive Daihatsu Rocky 1.2L, di Karawang, baru-baru ini.

Lanjut Amel, dengan prediksi sebagai mobil sejuta umat, Avanza-Xenia pastinya akan mendapatkan antusias yang cukup tinggi. Namun, terkait detail dua model baru ini, pihak Daihatsu sendiri masih menutup rapat keran informasi tersebut.

"Sebenarnya, itu kan dibuat dari basis DN Multisix ya, kreatif sekali. Tapi, aslinya bagaimana, pada waktunya akan kita beritahu," tegasnya.

Sebagai informasi, terkait Avanza-Xenia baru, memang informasi yang beredar akan mendapatkan banyak ubahan.

Pertama, yang paling disoroti adalah sistem penggeraknya. Di generasi sebelumnya, dua mobil ini mengadopsi gerak belakang, sedangkan untuk model baru nanti digadang-gadang akan menjadi gerak depan.

Hal tersebut, menyusul penggunaan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang menggunakan sistem penggerak roda depan, seperti halnya Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ubahan

Ubahan kedua, adalah transmisi CVT. Hal ini, terungkap dari data mengenai tipe dan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) terpampang di situs pemerintahan. Terdapat kode W100RE, yang diyakini merupakan Toyota Avanza baru.

Sementara itu, diambil dari dokumen Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 40 tahun 2021, model baru Daihatsu ini memiliki dua model anyar, dengan kode W100RG dan W101RG. Keduanya, mengusung mesin berkapasitas 1.300cc dan 1.500cc.

Sementara itu, tipenya sendiri, ada lima tipe untuk W100RG dan W101RG tiga tipe.

Selain itu, untuk sistem transmisinya, model baru ini akan mendapatkan pilihan manual dan juga continuously variable transmission atau CVT.

Transmisi yang disebutkan terakhir tersebut, memang sudah digunakan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), untuk model Rocky.

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Tips Atasi Fobia Jarum Suntik Sebelum Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini