Sukses

Lakukan Hal Ini Biar Ban Mobil Kesayangan Awet

Liputan6.com, Jakarta Agar lebih awet, mobil perlu dirawat secara rutin. Bukan hanya soal mesin, ban pun perlu dirawat agar nyaman dalam perjalanan. Perlu diingat, ban merupakan komponen mobil yang penting dan perlu dirawat. Setidaknya, kamu perlu merawat agar ban tahan lama. Dilansir liputan6, berikut cara terbaik rawat ban mobil.

Selalu periksa tekanan angin

Setiap kali mobil digunakan alangkah baiknya, kamu memeriksa tekanan ban. Apalagi bagi kamu yang selalu bepergian jauh. Jika angin kurang, kamu perlu menambahkannya.

Pastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasi jenis mobil mu. Jika diabaikan, ban mobil bisa cepat habis atau botak. Tentu hal itu tidak membuat kamu nyaman dalam berkendara.

Rotasi ban mobil

Setelah itu, kamu bisa mengecek ban dengan merotasi ban mobil. Dengan hal itu bisa membuat ban awet. Kamu bisa merotasi ban depan dengan ban belakang dengan melakukan rotasi ban setiap 75 ribu kilometer sampai 10 ribu kilometer.

Selalu periksa kesimbangan ban

Biasanya saat service rutin, wajibkan untuk lakukan spooring dan balancing. Hal itu untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Hindari membawa barang yang banyak di mobil

Membawa barang yang banyak di dalam mobil bisa mempengaruhi umur ban. Pasalnya, ban akan cepat rusak karena tekanan yang terlalu berat.

Setidaknya, bawa barang yang secukupnya di dalam mobil. Namun, jika ban sudah halus atau botak, kamu perlu mengantinya dengan ban yang terjamin mutunya. Pilihlah ban yang memiliki ukuran yang sesuai dan bahan ban yang mambuat mobil nyaman dikendarai.

Untuk perawatan, kamu bisa ke bengkel resmi atau gunakan jasa perawatan mobil melalui aplikasi pilihan. 

 

(*)