Sukses

Belum Meluncur, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dapat Relaksasi Pajak 0 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Dari penerapan regulasi PPnBM 0 persen untuk industri otomotif, model Toyota dan Daihatsu mendapat porsi paling banyak dari segi keringanan pajak tersebut. Setidaknya, dari 21 mobil yang terdaftar, Toyota dan Daihatsu menguasai sebanyak 11 mobil.

Namun ada yang menarik dari 11 mobil tersebut. Pasalnya ada dua model yang masuk daftar tetapi belum resmi diniagakan di Indonesia yakni Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 169 Tahun 2021 tentang Kendaraan bermotor dengan Pajak penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung Oleh Pemerintah Pada Tahun Anggaran 2021.

Menurut dokumen tersebut, pemberian rileksasi PPnBM terhadap dua produk baru ini dikarenakan Tingkat Kandunga Dalam Negeri (TKDN) yang diusung pada dua model ini.

Namun per hari ini (1/3/2021), belum ada informasi resmi berapa besaran harga yang akan dibanderol untuk Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Pasalnya, sampai saat ini baik Toyota maupun Daihatsu belum merilis produk tersebut ke pasaran.

 

2 dari 4 halaman

Harga NJKB Berkisar Rp 130 Jutaan

Namun, jika melihat informasi yang beredar dalam Keputusan Menteri Perdaganan Republik Indonesia No 1 Tahun 2021, untuk harga NJKB Toyota Raize, berada di kisaran angka Rp 130 jutaan sampai Rp 198 jutaan.

Sementara untuk Daihatsu Rocky, SUV kompak yang sudah lama ditunggu-tunggu kehadirannya di Indonesia berada pada rentang harga Rp 140 jutaan sampai Rp 168 jutaan.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, dalam Keputusan Kemenperin disebutkan memiliki pembelian lokal (local purchase) sebesar 70 persen, sehingga model tersebut masuk dalam klasifikasi untuk menikmati PPnBM 0 persen.

Toyota Raize sendiri dihadirkan dalam enam varian yang dibekali dengan mesin 1.0 lier turbo dan mesin 1.2 liter. Untuk varian mesin 1.0 lier turbo, variannya adalah 1.0 liter Turbo G M/T, 1.0 liter Turbo G CVT, 1.0 liter Turbo S CVT dan 1.0 Liter Turbo S CVT TSS. Sementara untuk varian 1.2 liter, dihadirkan dalam dua varian yakni 1.2 liter G M/T dan 1.2 liter G CVT.

3 dari 4 halaman

Infografis 9 Panduan Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini