Sukses

All New Yamaha NMax 155 Temani Bapak dan Anak Ini Menuntaskan Misi Ride to East

Liputan6.com, Jakarta - Lilik Gunawan sukses menuntaskan misi 'Ride to East' dengan mengendarai all new Yamaha NMax 155 ABS ke Timor Leste. Dalam perjalanan ini, ia kembali ditemani Balda (5 tahun), putranya yang juga turut mendampinginya saat menjalankan misi 'Ride for Moms' dari Jambi ke Makkah, Arab Saudi.

Disebutkan, misi ini Lilik jalankan dalam rangka mengumpulkan surat cinta untuk ibu dari Presiden Pertama Republik Demokratik Timor Leste, (RDTL) Xanana Gusmao, sebagai bahan penulisan buku yang sedang dibuatnya.

Lilik melakukan perjalanan pada 28 Oktober 2020 dari Jambi dan masuk Timor Leste pada 18 Desember 2020. "Jadi total 50 hari perjalanan dari Bangko Merangin, Jambi hingga wilayah perbatasan Batugade, Timor Leste," terang Lilik dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com.

"Dan alhamdulilah, saya bersama Balda pada Sabtu, 9 Januari bertemu Pak Xanana Gusmao ditemani teman-teman komunitas Biker lokal," tambahnya.

Ia menyebutkan, motor yang ia tunggangi merupakan all new Yamaha NMax 155 pertama yang menjejakan roda di negara tersebut.

"All New NMax milik saya juga menjadi yang pertama dan saat ini hanya satu-satunya yang ada di Timor Leste," akunya.

 

2 dari 4 halaman

Minim Kendala

Lilik menyampaikan, selama melakukan perjalanan tidak menemui kendala berarti. Hanya cuaca yang cukup ekstrem di beberapa spot seperti pesisir Barat Sumatera, pesisir Selatan Jawa, dan sepanjang jalur Pulau Sumbawa dan Flores.

"Selebihnya aman. Sejauh ini all new NMax juga baik-baik saja, motor ini terbukti tangguh dan tidak rewel. Selama perjalnaan ribuan kilometer tidak ada penggantian part yang signifikan, hanya ganti oli dan kampas rem, itu pun ketika memasuki wilayah Timur Indonesia di Atambua," jelasnya.

Untuk diketahui, total jarak yang ditempuk Lilik dari Indonesia ke Timor Leste mencapai 5.021 kilometer.

Ia melewati 12 provinsi (Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB), 7 pulau (Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Timor) dan 2 negara (Indonesia, RDTL) selama kurang lebih 50 hari perjalanan.

3 dari 4 halaman

Infografis 17 Kondisi Orang Tak Bisa Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: