Sukses

Tunggangi Motor, Ridwan Kamil Sambangi Dua TPS di Bandung

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kerap melakukan perjalanan dinas dengan mengendarai sepeda motor. Terbaru, Ridwan Kamil meninjau langsung gelaran Pilkada 2020 Kabupaten Bandung di dua tempat pemungutan suara dengan menunggangi Royal Enfield Classic 500 Battle Green.

Kedua lokasi yang disambangi Kang Emil, sapaan karib Ridwan Kamil, yakni TPS 5 Desa Sekarwangi, Kecamatan Soreang dan TPS 8 Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Rabu (9/12/2020).

Pantauan Liputan6.com, Ridwan Kamil datang ke TPS 5 Desa Sekarwangi dengan mengendarai motor klasik Royal Enfield Classic 500 Battle Green, sekitar pukul 09.00 WIB.

Motor yang tunggangi Kang Emil bergaya klasik dengan kelir hijau ala militer. Motor yang diimpor langsung dari India itu mengandalkan mesin 4-Tak 499cc satu silinder dengan semburan daya 27,2 Tk pada 5.250 rpm dan torsi 41,3 Nm pada 4.000 rpm.

Peninjauan tersebut berlangsung tak lama. Ridwan Kamil, sempat memasuki area TPS dan menghampiri bilik suara.

Dirinya turut didampingi oleh Bupati Kabupaten Bandung, Dadang Naser, mendatangi meja Pengawas TPS dan Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Namun, di TPS tersebut, Emil tak sempat menyampaikan keterangan kepada media.

Kang Emil kemudian langsung meninjau TPS 8 Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

 

2 dari 5 halaman

Menerapkan Protokol Kesehatan

Adapun, proses pemungutan suara di TPS yang dikunjungi Kang Emil itu telah dimulai pukul 07.30 WIB. Tampak antrean sejumlah pemilih. Sebelum melakukan pencoblosan, terlebih dahulu mereka melewati tahapan syarat protokol kesehatan.

Semua pemilih diwajibkan mencuci tangan, kemudian diukur suhu tubuh dengan thermo gun. Selanjutnya, pemilih diharuskan memakai sarung tangan plastik yang telah disediakan. Setelah menerima surat suara, para pemilih diarahkan pada bilik suara.

Terdapat 4 bilik suara, 1 di antaranya merupakan bilik khusus bagi pemilih dengan suhu tubuh di atas 37 derajat celsius. Pantauan sementara, belum ada pemilih yang mencoblos dibilik suara khusus tersebut.

Sementara, terdapat 7 petugas KPPS ditambah 2 PAM TPS. Di samping itu, ada pula sejumlah polisi dan prajurit TNI. Disiagakan pula satu mobil ambulans.

 

3 dari 5 halaman

Antusiasme Warga

444 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dijadwalkan melalukan pemungutan suara Pilkada 2020 di TPS tersebut.

Seorang pemilih, Noni (22) terpantau melakukan pencoblosan. Meski di tengah pandemi, Noni memilih datang ke TPS untuk menunaikan hak suaranya.

"Ini hak kita untuk memilih jadi sudah sebagai kewajiban sih untuk saya meskipun tidak terlalu mengetahui mereka tapi saya harus nyoblos," katanya. "Karena sekarang pandemi jadi sistematisnya lumayan ribet tapi efektif sih," tandas Noni.

Penulis: Dikdik Ripaldi

4 dari 5 halaman

Infografis Peta Kerawanan Pilkada Serentak 9 Desember 2020

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: