Sukses

Usia Pakai Bisa Dijadikan Patokan dalam Membeli Mobil Bekas

Pengguna mobil pasti menginginkan kendaraannya selalu memiliki performa yang baik.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna mobil pasti menginginkan kendaraannya selalu memiliki performa yang baik. Pasalnya, jika roda empat sebagai alat transportasi harian bermasalah, atau sering bolak-balik bengkel untuk diperbaiki, pasti akan merepotkan dan membutuhkan biaya yang besar.

Dengan begitu, mengetahui batas usia pakai mobil ini penting. Selain itu, hal tersebut juga diperlukan sebagai acuan terkait ketersediaan komponen, teknologi mesin mobil, dan fitur yang ada pada mobil.

Melansir laman resmi Mobil88, batas pakai usia mobil ini juga digunakan ketika memilih mobil bekas. Tentulah tak sembarangan ingin mendapatkan mobil yang harganya murah.

Tetapi, kita ingin mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dengan kondisi layak pakai dan memiliki teknologi yang tidak ketinggalan zaman.

Apalagi bila kita memutuskan beli mobil untuk digunakan di perkotaan, alangkah baiknya bila membeli mobil dengan tahun muda.

Kondisi jalan yang relatif sudah tidak terlalu bersahabat di kawasan megapolitan, membuat mesin mobil harus bekerja keras.

Bayangkan bagaimana bila mobil yang digunakan merupakan mobil berumur di atas 10 tahun? Sebab itulah, memilih mobil dengan melihat usia produksinya menjadi penting.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Standar emisi

Batas usia pakai mobil ini juga terkait dengan pemberlakuan standar emisi sesuai tahunnya.

Sebagaimana di ketahui, mobil dalam lima tahun ke belakang sudah memiliki perbaikan teknologi sehingga emisi yang dikeluarkan juga relatif rendah dibanding mobil keluaran lima tahun ke atas.

Terkait batas usia pakai mobil, kita bisa menimbang mana yang emisinya paling rendah dengan melihat tahun pembuatannya.

Selain alasan emisi, tak bisa dipungkiri kalau komponen-komponen mobil di atas lima tahun sudah mulai menua.

Dan, penuaan itu bukan tidak mungkin menyebabkan keropos. Tak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki kondisinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.