Sukses

Menerka Kisaran Harga Lexus LM Jika Masuk Indonesia

Lexus LM menjadi pendatang baru di segmen MPV mewah. Model anyar ini dibangun menggunakan platform dari Toyota Alphard.

Liputan6.com, Jakarta - Lexus LM menjadi pendatang baru di segmen MPV mewah. Model anyar ini dibangun menggunakan platform dari Toyota Alphard.

Bedanya, kendaraan berlogo L ini mengadopsi banyak lapis kromium di eksterior. Lantas guna masuki segmen tinggi, ia ditunjang dengan kemewahan berkendara bak sebuah limousine di kabin. Kira-kira berapa harga yang layak dibubuhkan padanya?

Menukil data Samsat PKB Jakarta. Nilai jual Lexus LM mulai dari Rp 1,2 miliar hingga Rp 1,66 miliar. Itu angka dasar yang belum terkandung skema tarif berbagai pajak. Sekadar gambaran estimasi banderol, di Indonesia New Toyota Alphard 2.5 X AT dijual Rp 1,025 miliar. Lalu tipe Q 3.5 AT ditawarkan Rp 1,93 miliar on the road Jakarta.

Sedangkan di Thailand, unit melantai ke pasar mulai dari 5,5 juta baht. Setara Rp 2,5 miliar untuk memboyong versi tujuh kursi. Sedangkan konfigurasi empat kursi dipasang harga 6,5 juta baht, sekira Rp 2,95 miliar. Kemungkinan Lexus melego di Tanah Air tak jauh berbeda dari rentang ini. Pastinya LM berposisi lebih mahal dari Alphard serta Vellfire.

Mesin

Ia secara global dirancang dalam dua varian. Yakni Lexus LM 350 dibekali mesin 3.500 cc V6. Kemudian Lexus LM 300h, memadukan mesin 4-silinder 2.500 cc dengan motor listrik. Selain itu, pabrikan menawarkan dua konfigurasi tempat duduk: empat jok mewah dan tujuh penumpang.

Khusus model hybrid, unit menggunakan mesin empat silinder atkinson-cycle 2AR-FXE 2,5-liter. Tendangan momen puntir sampai 206 Nm dari 4.400 rpm hingga 4.800 rpm. Dorongan daya puncak 154 PS di 5.700 rpm.

Tenaga didistribusi ke roda depan melalui E-CVT dan ditambah motor listrik berkinerja tinggi. Dinamo penggerak memberi imbuhan power 143 PS (105 kW) dan torsi 270 Nm.

Kemampuannya kian gahar lantaran disokong pula motor listrik 68 PS (50 kW)/139 Nm yang terpisah di bagian belakang. Lexus menyebutnya sebagai sistem penggerak E-Four electric all-wheel drive system.

Motor listrik menyedot daya dari baterai nickel metal hydride 224,8 volt. Kerja bareng pembakaran internal (ICE) memberikan output sistem lebih baik. Untuk melesat kilat, MPV premium ini hanya butuh 10,5 detik dari 0-100 km/jam.

Bahkan sanggup mencapai kecepatan tertinggi 180 km/jam. Lexus mengklaim, konsumsi bahan bakar rata-rata 6,4 liter/100 km atau 15,6 km/liter. Ia memancarkan gas buang 150 g/km CO2.

“Lexus selalu ingin memberikan kejutan baru untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup pelanggan. Perusahaan sudah tidak lagi memandang mobil sebagai sekadar alat transportasi. Kami yakin kalau mobil ini yang ditunggu-tunggu para konglomerat di Indonesia. Memang betul karena orang sudah banyak bertanya mengenai mobil ini. Pada 2020, Lexus LM siap dijual,” terang Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia beberapa waktu lalu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rancang Bangun

Pembeda dari Alphard, raut muka LM berbentuk spindle grille jadi ciri khas Lexus. Kisi-kisi membentang jembar, laburan kromium dengan pahatan menyilang. Seolah jadi aksentuasi dinamis dan strata ningrat. Begitu pula di buritan, mencuat kesan glamor dari Limitless Rear LED Lights. Tampilan amat unik terutama pada saat malam hari.

Di bagian interior, Lexus LM didesain dengan membawa ornamen Gin-Sui-Boku (tinta perak), menghiasi atmosfer kabin. Itu merupakan sebuah sentuhan yang dikembangkan dari inspirasi seni lukisan tinta. Sehingga memberikan daya tarik tersendiri.

Nah, selain nyaman, sensasi ruang kabin lega langsung dirasakan begitu Anda masuk. Ruang kepala dan kaki diramu layaknya kabin first class suites pesawat terbang. Penumpang bisa menikmati kabin berkonfigurasi dua tempat duduk eksekutif. Juga disuguhi layar monitor 26 inci yang menjadi sekat pemisah privasi dengan ruang pengemudi.

Penumpang dapat mengoperasikan fitur seperti untuk menyetel posisi kursi. Mengatur suhu ruangan dan audio di ruang belakang. Hebatnya tersedia perangkat audio 19 speaker racikan Mark Levinson sebagai pemanja telinga.

Anda bisa mengatur konfigurasi menggunakan panel layar sentuh di antara dua kursi belakang. Lalu kenyamanan semakin ditunjang dengan boks pendingin berkapasitas 14 liter.

 

3 dari 3 halaman

Suspensi Khusus

Cara Lexus melakukan diferensiasi dengan Alphard, ada juga di sektor redaman. LM dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi suspensi terbaru.

Yakni Swing Valve Shock Absorbers, dengan ultra-low velocity valve merupakan yang pertama di dunia. Inovasi ini menggunakan dua katup hidrolik. Memastikan kekuatan redaman tepat diberikan ketika gerakan sekecil apa pun dialami di roda dan suspensi mobil.

Efeknya, memberi perjalanan yang nyaman, tenang dan stabil. Baik saat mulai akselerasi maupun melesat di kecepatan tinggi.

Peranti  ini sebetulnya diadopsi dari sedan Lexus ES. Sistem terbukti berfungsi mereduksi guncangan. Semua value tersedia, dibilang cocok bagi penunjang para profesional, kegiatan bisnis, serta keluarga modern. Siap-siap, kemungkinan tak lama lagi ia menyapa publik sini.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.