Sukses

Toyota Yaris Lebih Mahal Dibanding Suzuki Baleno, Layak Dibeli?

Jika Anda sedang berburu hatchback, tentu Toyota Yaris menjadi salah satu opsi yang masuk ke dalam hitungan. Saat ini, hatchback andalan Toyota tersebut dibanderol dari Rp 255,25 – Rp 287,45 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda sedang berburu hatchback, tentu Toyota Yaris menjadi salah satu opsi yang masuk ke dalam hitungan. Saat ini, hatchback andalan Toyota tersebut dibanderol dari Rp 255,25 – Rp 287,45 juta. Di bawah anggaran tersebut, Anda bisa melirik Suzuki Baleno AT yang dibanderol Rp 239,5 juta.

Celah dengan Yaris tampak lebar, setidaknya ada selisih Rp 15,75 juta perlu dipertimbangkan. Patutkah perbedaan harga ini diperjuangkan?

Mesin

Pada sektor jantung pacu, Toyota membekali unit 2NR-FE 4-silinder 1.500 cc. Figur ekstraksi daya mencapai 105 Tk dengan torsi puncak 140,2 Nm. Penyaluran tenaga diarahkan ke roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan atau CVT. Angka ini berbeda dari Baleno dengan bekal K14B 4-silinder 1.400 cc. Jantung pacu hanya sanggup gelontorkan 92 Tk berikut momen puntir 130 Nm.

Fitur Keselamatan

Di samping mesin bertenaga, Toyota juga menyematkan peranti keselamatan lengkap di hatchback mereka. Total airbag ada tujuh titik. Kantong udara ini berpasangan melindungi pengemudi dan penumpang dari balik dasbor, samping bangku depan, dan tirai. Ada satu pelindung tambahan di kaki pengemudi. Tak hanya itu, disediakan bantuan Vehicle Stability Control (VSC) kala menikung. Manuver juga dibantu Hill-Start Assist (HAS) demi menahan posisi saat menanjak. Mengetahui kelengkapan sebanyak itu, ABS+EBD tentu sudah menjadi standar.

Jangan harap kelengkapan safety Baleno selengkap Toyota Yaris. Terkait hal ini, hatchback Suzuki cenderung moderat tanpa suatu nilai spesial. Airbag hanya dua, serta belum dibantu permainan kestabilan canggih VSC atau HSA.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Interior

Tanpa melihat fisik, daftar fitur kabin Baleno justru terdengar sama dengan Yaris TRD. Ada head unit touchscreen, auto climate control dengan monitor digital, setir kulit dilengkapi permainan tombol audio, serta tombol start/stop engine. Beberapa memang tidak dimiliki Suzuki seperti paddle shift dan Sport/Eco mode switch.

Eksekusi permainan teknologi kabin membawa identitas tersendiri. Contoh pada panel AC. Toyota melakukan penempatan layar dengan tegas dan elegan, terbungkus satu bingkai di tengah dasbor. Sementara Suzuki cenderung menonjolkan kesederhanaan lantaran monitor minimalis melekat di kontrol AC.

Andai memaksakan diri ke harga terdekat, paling banter menikmati fitur tipe G manual. Di sinilah Yaris seakan kehilangan taring, membuat Baleno layak mendapat piala “value for money”. Head unit touchscreen tanpa dibantu pengaturan audio pada setir. Kontrol AC juga masih kenop putar konvensional. Jangan berharap ada tombol menyalakan mesin, pengoperasian berbentuk kunci putar konvensional.

 

3 dari 4 halaman

Eksterior

Urusan rancangan tergantung selera masing-masing. Yaris bergaya hatchback orisinal, sementara Baleno diberikan sedikit elemen estate berkat empat pilar. Kendati begitu, keduanya bergumul di satu ring tinju bila mengacu pada dimensi. Coba perhatikan, Baleno berukuran 3.995 x 1.745 x 1.510 mm; Yaris berdimensi 4.145 x 1.730 x 1.500 mm. Perbedaan paling jauh hanya saat diukur memanjang, selisih 15 cm. Wheelbase juga kurang lebih sama panjang, 2.520 mm (Baleno) berbanding 2.550 mm (Yaris).

Komponen eksterior Baleno dapat dianggap kekinian. Pendar LED ditemukan sebagai penerangan utama depan dan belakang. Melekat pula pada DRL dalam headlamp. Untuk Yaris, hanya ditemukan pada DRL dan tail lamp. Lampu utama mengandalkan halogen yang mulai dilupakan.

 

4 dari 4 halaman

Simpulan

Pada akhirnya, semua pilihan perlu dikembalikan kepada urutan prioritas. Selisih harga Yaris layak diperjuangkan jika Anda menomorsatukan fitur keselamatan. Upayakan segala tenaga agar dapat menebus airbag 7 titik. Ini merupakan nilai spesial dalam segmen hatchback. Belum lagi tambahan VSC dan HSA sebagai perlindungan aktif.

Lantas bila tak begitu menaruh perhatian soal keselamatan, Dual Airbag serta ABS + EBD cukup. Tak perlu mengupayakan uang tebusan tambahan. Selain itu, Anda mendapat keunggulan fitur kasta atas dalam Suzuki Baleno, mulai dari eksterior sampai masuk ke kabin. Ia menjadi pilihan value for money terbaik bila mempertimbangkan fitur masa kini meski jantung tidak sekuat Yaris.

Ada jalan lain bila pada akhirnya tak sanggup menambah anggaran. Mobkas merupakan opsi menarik untuk dipertimbangkan. Bisa jadi mobil yang Anda anggap mahal, dilego sesuai bujet di pasar seken. Contoh Yaris lansiran 2018, trim tertinggi Tipe S TRD bertransmisi CVT berada di rentang harga New Suzuki Baleno. Cukup menarik untuk dipinang kalau bujet mentok di titik Baleno.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini