Sukses

Motor Listrik BMW Mulai Berani Menampakan Diri

Liputan6.com, Jakarta - BMW Motorrad menjadi salah satu pabrikan sepeda motor yang paling serius dalam pengembangan kendaraan listrik. Bahkan, jenama asal Jerman ini sudah pamer Roadster Visi DC pada Juni lalu.

Melansir Rideapart, lebih cepat dari perkiraan, ternyata BMW sudah menunjukan motor listrik pertamanya. Sejumlah media di Eropa juga telah menuju ke Perancis untuk melihat E-Power Roadster yang sepertinya menjadi prototipe sepeda motor listrik BMW.

Motor listrik yang sudah dicoba para jurnalis otomotif benua biru ini, sejatinya potongan-potongan model BMW konvensional, termasuk ujung depan S 1000R dan ujung belakang R 1200RS.

Jelas, BMW seperti ingin menunjukan teknologi penggerak motor listriknya, dibanding menunjukan desainnya.

Meskipun begitu, E-Power menampilkan sejumlah fitur yang sangat menarik. Pertama, dibandingkan motor listrik lainnya, model ini mengirimkan tenaga ke roda belakang melalui poros, bukan menggunakan belt.

Dengan spesifikasi yang ada, motor listrik ini mampu menghembuskan daya sebesar 136 tenaga kuda dan torsi 47 lb-ft.

2 dari 2 halaman

Daya jelajah

Menurut Motorcycle News , E-Power mampu melaju dari 0 hingga 100 km dalam 2,9 detik, hampir 0,2 detik lebih cepat dari S 1000RR.

Prototipe ini kompatibel dengan pengisi daya yang cepat dan dapat mengisi ulang daya tiga mil dalam satu menit, yang berarti bahwa dalam 30 menit, ia dapat memperoleh kembali 90 persen dari total jangkauannya.