Sukses

Pameran Mobil Klasik Berskala Internasional Sapa Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira bagi pecinta mobil klasik di Tanah Air. Pasalnya, pameran kendaraan klasik Concours d’Elegance untuk pertama kalinya digelar di Indonesia.

Event ini diselenggarakan Indonesia Classic Car Owners Club (ICCOC) pada 21-22 September. Bekerjasama dengan Four Seasons Hotel Jakarta, setidaknya 30 koleksi mobil dan motor klasik siap dipamerkan di situ.

Concours d’Elegance berasal dari bahasa Prancis yang berarti “kompetisi para elegan”. Ini merupakan pameran mobil-mobil klasik yang memiliki nilai tinggi untuk publik dan mendapat penilaian juri.

Kegiatan berawal pada abad 17 di Prancis. Sebagai aktivitas para aristokrat berparade dengan kereta kuda di taman kota Paris pada akhir pekan di musim panas.

“Melalui festival mobil klasik, kami berharap lintas generasi dapat menghargai nilai historis mobil, sekaligus membantu melestarikan mobil-mobil klasik ini,” jelas Stanley Atmadja, pencetus Concours d’Elegance di Indonesia dan Presiden ICCOC dalam keterangan resminya, Selasa (17/09).

Acara ini dapat menjadi wadah bagi para penggemar untuk berbagai pengetahuan, sekaligus melestarikan sejarah otomotif Indonesia. Mengingat kendaraan klasik ini juga pernah meramaikan jalanan Tanah Air.

“Event ini turut bertujuan mendukung dunia pariwisata Indonesia, serta memperlihatkan kepada dunia, Indonesia merupakan salah satu tujuan wisata menarik,” tambahnya.

Kebanyakan kendaraan berasal dari Eropa dan Amerika. Untuk mobilnya, seperti Mercedes Benz B 170 Cabrio (1935), Chevrolet Corvette (1953), Ford Thunderbird (1956), Jaguar E type Series 1 (1960) dan Austin Healey (1959). Sementara motor antara lain, BMW R47 (1928), Vespa (1951) dan Norton (1957).

2 dari 2 halaman

Hadirkan Juri Ternama

Mereka dinilai oleh juri dengan kriteria mulai dari kondisi, sejarah, orisinalitas dan akurasi restorasinya. ICCOC pun mengundang salah satu juri Concours d’Elegance ternama, Valentino Balboni.

Ia dikenal sebagai mantan Chief Test Driver Lamborghini. Bahkan namanya diabadikan pada salah satu lini Lamborghini Gallardo edisi 2009, dengan nama LP550-2 Valentino Balboni.

“Concours d’Elegance yang dinilai elegan dan keasliannya. Kami melihat usaha kolektor yang merestorasi mobil sampai dengan kondisi mendekati aslinya,” jelasnya.

Untuk menyemarakkan acara, nuansa pameran dibuat bergaya era 50-an. Selain itu, terdapat berbagai kegiatan lain yang bisa diikuti, seperti kontes kostum Concours d’Elegance and Oldies, Classic Car Photography Contest, Classic Car Contest dan Back to 50’s Party. Gelaran terbuka untuk umum. Namun pengunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp 500 ribu, yang berlaku untuk 2 hari.

“Tema yang sangat unik untuk festival mobil klasik di Indonesia ini diharapkan dapat mengajak kalangan car enthusiast dan pecinta mobil klasik menjiwai gelarannya,” jelasnya.

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Suami Soimah Koleksi Mobil Modifikasi Keluaran Amerika
Artikel Selanjutnya
Ketika Mobil Klasik Hidup Kembali Berkat Setruman Listrik