Sukses

Jangan Sembarangan, Ini Cara Aman Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Merawat kendaraan kesayangan wajib dilakukan pemilik agar mobil tetap memiliki performa maksimal. Tak hanya servis rutin, salah satu hal yang harus diperhatikan ialah membersihkan mobil secara berkala.

Liputan6.com, Jakarta - Merawat kendaraan kesayangan wajib dilakukan pemilik agar mobil tetap memiliki performa maksimal. Tak hanya servis rutin, salah satu hal yang harus diperhatikan ialah membersihkan mobil secara berkala.

Tak hanya bodi dan interior mobil, membersihkan ruang mesin juga wajib dilakukan pemilik kendaraan. Jarang disentuh, banyak pemilik tak tahu cara yang benar menjaga dan membersihkan komponen ini.

Tak bisa sembarangan, berikut panduan membersihkan mesin seperti dilansir Garda Oto, Jumat (6/8/2019). Mencuci ruang mesin membutuhkan kehati-hatian. Ada beberapa komponen mobil yang tidak boleh terkena air, karena komponen tersebut berpotensi mengakibatkan korsleting atau kerusakan komponen listrik yang ada di dalamnya.

Sebelum membersihkan bagian mesin, baiknya Anda mencari tahu di mana letak komponen listrik yang ada pada mobil agar Anda tidak salah langkah saat membersihkannya. Jika sudah, mobil bisa disemprot dengan air hingga ruang mesin benar-benar bersih.

Hindari menyemprot mesin mobil di bagian komponen yang terlindungi oleh material plastik. Setelah itu, Anda bisa menggunakan alat bernama degreaser untuk membersihkan komponen yang tak boleh terkena air.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keringkan Mesin dengan Kompresor

Tak lupa gunakan sikat agar mesin bersih optimal. Langkah selanjutnya ialah menyemprot kembali air bersih. Apabila Anda memiliki kompresor angin, semprotkan ke bagian mesin untuk memastikan air bisa langsung turun dan tidak mengendap di bagian elektrik atau gunakan kanebo untuk membersihkannya, hanya saja untuk bagian dalam tak bisa menggunakan komponen ini.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik kendaraan saat hendak membersihkan mesin sendiri di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.