Sukses

Kaca Samping Mobil Susah Naik dan Turun, Cek Bagian Ini

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar mobil yang beredar saat ini, sudah dilengkapi dengan power window. Komponen ini, berfungsi untuk memudahkan pengguna untuk membuka dan menutup kaca jendela.

Namun, tidak jarang perangkat tersebut mengalami kerusakan, seperti kaca tidak bisa turun atau naik. Selain itu, masalah yang sering terjadi juga kaca seret atau tidak lancar saat kondisi naik ataupun turun.

Nah, untuk mengetahui penyebabnya, berikut beberapa masalah yang ada di power window, seperti dikutip dari laman resmi Suzuki Indonesia:

1) Masalah pada sekering

Cara mengecek yang paling mudah dari sekeringnya. Tapi, jika ternyata sudah diganti dan tetap bermasalah atau putus lagi kemungkinan terjadi korsleting.

Fungsi sekering sendiri adalah untuk pemutus arus listrik, sehingga meminimalisir terjadinya korsleting. Jika sekering tersebut rusak, bisa menyebabkan seluruh power window tidak akan berfungsi.

2 dari 3 halaman

2) Kelistrikan dan Saklar Power Window

Jika sekering sudah diganti namun tidak ada tanda-tanda power window bekerja, coba cek sistem kelistrikan di power window. Cek tegangan di saklar power window, jika tegangannya tidak normal namun tegangan aki bagus, kemungkinan saklar power window yang harus diganti.

Kerusakan saklar mungkin terjadi karena adanya korsleting yang berdampak pada terbakarnya saklar power window.

3) Motor atau regulator power window

Kalau kelistrikan dan saklar normal, masalah selanjutnya yang terjadi mungkin ada pada motor atau regulator power window. Biasanya, komponen ini sudah lemah atau sudah mengalami aus di geriginya. Satu-satunya caranya, adalah dengan mengganti motor power window.

Regulator power window berfungsi sebagai penggerak kaca. Jika regulator tersebut bermasalah, maka kaca tidak akan bisa turun ataupun naik.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tragedi Kabut Asap
Loading
Artikel Selanjutnya
Kaca Mobil Baret Gara-Gara Wiper, Begini Cara Mengatasinya