Sukses

7 Mobil Kolaborasi Suzuki dengan Toyota, Apa Saja?

Liputan6.com, New Delhi - Kolaborasi Suzuki dan Toyota dipastikan akan menghasilkan model-model baru. Bahkan, beberapa model andalan masing-masing pabrikan akan dijual bersama-sama.

Lantas, model apa saja yang akan menjadi kolaborasi keduanya?

1. Vitara Brezza 

Toyota telah memastikan bahwa mereka akan rebadge salah satu SUV milik Suzuki, Vitara Brezza. Mobil yang rencananya akan dibangun di pabrik Toyota Kirloskar Motor India, akan hadir dengan satu pilihan mesin milik Suzuki, yaitu mesin diesel berkapasitas 1.5 liter. Vitara Brezza versi Toyota rumornya akan meluncur ke publik pada 2020 atau 2021.

2. Baleno 

Untuk model Suzuki yang akan hadir dengan emblem Toyota dalam waktu dekat ada Baleno. Baleno versi Toyota ini rencananya akan mulai mengaspal pada akhir tahun 2019 ini. Sama seperti Vitara Brezza, Toyota Baleno ini juga akan diproduksi di Toyota Kirloskar Motor, India.

Kemungkinan besar, Toyota Baleno ini akan hadir dengan dua pilihan mesin yaitu bensin 1.2 liter dan mesin diesel 1.3 liter. Untuk mesin bensin 1.2 liter akan dikombinasikan dengan 2 pilihan transmisi yaitu manual 5 percepatan dan otomatis CVT. Sedangkan mesin diesel akan dikombinasikan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan.

3. Ertiga 

Ertiga merupakan nama baru yang berembus akan hadir dengan emblem Toyota. Kabarnya, mobil ini dipersiapkan oleh Toyota untuk diposisikan di kelas MPV di bawah Innova Crysta. Ertiga berlogo Toyota ini rencananya akan dipasarkan untuk pasar India dan Afrika.

4. Ciaz 

Bersamaan dengan rumor Ertiga versi Toyota, model Suzuki lainnya, Ciaz juga akan memakai emblem Toyota. Ciaz versi Toyota ini rencananya akan diposisikan untuk menggantikan penjualan dari Etios sedan. Sama seperti Ertiga, Toyota Ciaz juga akan dijual untuk pasar India dan Afrika. Sayangnya, belum ada info bocoran terkait spesifikasi yang akan digunakan oleh Toyota untuk Ciaz.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Corolla Altis 

Tidak hanya Suzuki yang memberikan model-model mobil terbarunya untuk Toyota, Toyota pun akan melakukan hal yang sama kepada Suzuki. Kabarnya, Toyota akan memberikan Corolla Altis kepada Suzuki. Namun, pemberian Corolla Altis untuk Suzuki tersebut baru akan dilakukan setelah tahun 2020 mendatang.

Rumor lainnya menyebutkan bahwa Suzuki akan menggunakan mesin sendiri pada Corolla Altis ini. Suzuki akan menggunakan mesin milik Ciaz yang berkapasitas 1.5 liter baik itu bensin ataupun diesel. Corolla Altis versi Suzuki ini kabarnya akan mulai dipasarkan pada akhir tahun ini.

6. RAV4 Hybrid

Toyota juga membuka peluang untuk memberikan RAV4 Hybrid kepada Suzuki untuk dipasarkan di Eropa. RAV4 sendiri saat ini menggunakan mesin bensin berkapasitas 2.5 liter yang digabungkan dengan 2 motor listrik sehingga menghasilkan tenaga 219 Tk. Sayangnya, belum ada informasi lanjutan mengenai kapan proyek Suzuki RAV4 electric ini akan dipasarkan.

7. Corolla Estate Hybrid 

Sama dengan RAV4 yang akan hadir dengan versi listrik untuk Suzuki. Toyota juga akan memberikan Corolla Estate bertenaga hybrid untuk Suzuki. Mobil tersebut kabarnya akan mengusung mesin hybrid berkapasitas 1.8 liter dan 2.0 liter. Untuk mesin 1.8 liter menghasilkan tenaga 120 Tk, sementara untuk mesin 2.0 liter akan menyemburkan tenaga hingga 177 Tk. Serupa juga dengan RAV4, kedua pabrikan tersebut juga belum memberikan konfirmasi kapan Corolla Estate versi Suzuki ini akan diproduksi.

Selain ketujuh mobil diatas, kedua pabrikan kabarnya juga sedang serius merancang untuk menghadirkan sebuah mobil LMPV yang akan dijual oleh Suzuki untuk di pasarkan di seluruh dunia. Lagi-lagi mereka masih tutup mulut terkait detail dari mobil tersebut. Toyota kabarnya juga akan membantu Suzuki untuk mengembangkan mobil khusus yang diperuntukkan untuk pasar India.

Sebenarnya, pada awal bulan ini Toyota juga sudah mulai menjual beberapa produk Suzuki di negara Kenya. Beberapa model tersebut yaitu Alto 800, Omni Cargo, Swift GA, Jimny GA, Ciaz GL, dan Vitara GL. Sebagian besar model tersebut diproduksi di negara India.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada informasi terkait apakah kemitraan Suzuki dan Toyota tersebut akan berdampak juga untuk pasar Indonesia. Di Indonesia sendiri, Toyota menjalin kemitraan dengan Daihatsu dan telah menghasilkan beberapa model seperti Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla, dan Calya-Sigra.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengintip Calon Motor Dual-Purpose Terbaru Suzuki Indonesia
Artikel Selanjutnya
Detail Suzuki Ertiga Sport dalam Jepretan Kamera