Sukses

Asal Muasal Indonesia Mengadopsi Setir Kanan

Mobil-mobil di Indonesia mengadopsi setir di sebelah kanan dan semua kendaraan bermotor berjalan di sebelah kiri.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil-mobil di Indonesia mengadopsi setir di sebelah kanan dan semua kendaraan bermotor berjalan di sebelah kiri. Sedangkan beberapa negara mengadopsi setir sebelah kiri dan kendaraan bermotor berjalan di sebelah kanan. Apa sebabnya?

Ternyata, mengutip dari Worldstandarts.eu, hal ini tidak terlepas dari penjajahan Belanda. Kala itu mereka juga menerapkan sistem setir kanan.

Konsep tersebut kemudian berubah menjadi setir kiri setelah Prancis menjajah Belanda. Namun, sistem setir kanan tetap berlaku di beberapa negara jajahan Belanda, termasuk Indonesia.

Sistem ini tetap bertahan seiring hadirnya Jepang ke Indonesia pada masa Perang Dunia II. Ya, Jepang juga menerapkan sistem setir kanan, bahkan sampai sekarang.

Selain Indonesia, beberapa negara lain juga menerapkan sistem setir kanan, seperti Australia, Bangladesh, Inggris, Malaysia, Hong Kong, dan India. Berbagai negara di Afrika Selatan pun banyak yang menggunakan konsep tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waduh, Mobil Ini Punya Dua Setir

Bagi pecinta otomotif, khususnya roda empat, mendengarkan beragam istilah-istilah teknis tentu tidak membingungkan. Tentu Anda paham dengan istilah FR (front engine, rear wheel drive), FF (front engine, front wheel drive), AWD (all wheel drive), bahkan all wheel steering. Jika Anda paham dengan istilah tersebut, maka 

Mobil Honda yang Anda lihat di foto mengadopsi mesin depan dan belakang, masing-masing menggerakkan sepasang roda, dan semua roda dapat dikemudikan dengan lingkar kemudi. Lantas apa sebutannya?

Mobil ini memang bukan mobil biasa, melainkan sebuah hasil karya modifikasi unik yang sedikit kelewat batas. 

Uniknya, di dalam kabin terdapat sepasang lingkar kemudi, lengkap dengan jok untuk masing-masing pengemudi. Ya, modifikasi unik ini dapat menampung dua orang, dan masing-masing akan mendapatkan akses untuk mengemudi.

Tidak disebutkan apa motivasi sang pemilik untuk memodifikasi mobilnya dengan konsep yang unik tersebut. Yang pasti, mobil tersebut ditemukan di ajang pameran otomotif LeMons yang berlangsung di Pebble Beach, dikutip Topgear. Hebatnya lagi, mobil Honda tersebut dinobatkan sebagai mobil terbaik yang menghadiri pameran tersebut.

 

Sumber: Otosia.com

3 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

4 dari 4 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan RI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.