Sukses

Fantastis, Daihatsu Ayla Turbo Habiskan Dana Setengah Miliar Rupiah

Liputan6.com, Jakarta - Untuk membuktikan kemampuan rancang bangun dari research and development (R&D), PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memperkenalkan satu model modifikasinya, Daihatsu Ayla turbo. Sejatinya, model kencang dari mobil murah ramah lingkungan ini, sudah dipamerkan di gelaran otomotif bergengsi di Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Selang beberapa bulan sejak diperkenalkan, jenama yang terkenal dengan mobil kompaknya tersebut akhirnya mengajak teman-teman jurnalis otomotif nasional untuk membuktikan performa Daihatsu Ayla turbo ini. Pasalnya, dengan penambahan turbo, modifikasi kaki-kaki dan sistem pembuangan, model ini diklaim memiliki tenaga hingga 200 Tk.

Lalu, berapa investasi yang dihabiskan PT ADM untuk membangun mobil konsep modifikasi Ayla turbo ini?

Dijelaskan Soni Satriya, Executive Coordinator Design Engineering R&D PT ADM, untuk membangun Daihatsu Ayla turbo ini kurang lebih sekitar Rp 500 jutaan.

"Kita bagi dua, bodi kit dan performa. Untuk bodi kit kurang lebih Rp 250 sampai Rp 260 jutaan," jelas Soni di sela-sela test drive Daihatsu Ayla turbo di area test course R&D PT ADM, Rabu (6/3/2019).

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Lanjutnya, investasi untuk bodi kit memang tergolong mahal, karena saat itu untuk kebutuhan dipamerkan di GIIAS 2018. Jadi, pihak Daihatsu menyisihkan dana untuk dress-up bodi.

"Pembuatan holding dan pabrikasi memang menghabiskan banyak dana di situ," tegasnya.

Sementara itu, untuk engineering dan bodi juga masuk, karena memang tidak hanya bicara mesin itu kurang lebih Rp 50 juta.

"Bodi masih utuh punya Ayla, hanya kita memberikan reinforcement karena ini kan cepat, jadi rigiditas dari bodinya harus ditambahkan," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Daihatsu Ayla Turbo, Mobil Murah Sekuat Toyota 86
Artikel Selanjutnya
Mengawali Tahun, Daihatsu Langsung Jual 16.274 Unit Kendaraan