Sukses

Daihatsu Ayla Turbo, Mobil Murah Sekuat Toyota 86

Liputan6.com, Jakarta - Dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pamer Ayla turbo. Mobil murah ini, merupakan hasil modifikasi resmi dari tim riset dan pengembangan (R&D) pabrikan asal Jepang tersebut.

Berselang beberapa waktu dari pameran di Tangerang Selatan tersebut, jenama yang terkenal dengan produksi mobil kompaknya tersebut memberikan kejutan dengan mengajak rekan jurnalis media otomotif nasional untuk merasakan Daihatsu Ayla Turbo ini.

Sebagai bagian dari tren otomotif, mobil konsep Daihatsu Ayla turbo ini dirancang untuk menunjukkan kemampuan rancang bangun R&D Daihatsu di Indonesia. Selain itu, mobil ini juga untuk memberikan inspirasi dalam memodifikasi kendaraan, khususnya yang menggunakan teknologi turbo.

Modifikasi Daihatsu Ayla turbo ini memiliki perubahan yang signifikan, meliputi mesin, transmisi, knalpot, bodi, suspensi, roda, dan yang utama adalah penyematan komponen turbocharger, sehingga mobil konsep Ayla turbo ini layak uji di sirkuit, serta sesuai dengan standar regulasi yang ditetapkan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Tak hanya itu, melalui uji coba dengan pengetesan mobil yang dilakukan Daihatsu, Ayla turbo menghasilkan tenga sebesar 200 Tk dengan torsi 242 Nm. Dan akselarasi dari 0 sampai 100 km/jam yang dapat ditempuh 10,3 detik. Tenaga dari mesin tersebut lebih besar dibanding Toyota 86 standar. Toyota 86 mengadopsi mesin 2,0 liter boxer yang menghasilkan tenaga 197 Tk dengan torsi puncak 205 Nm.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

"Mobil ini sebagai ajang pembuktian kemampuan R&D ADM, maka mobil konsep Ayla turbo ini dapat menjadi inspirasi bagi pelanggan, dan penggemar modifikasi, bahwa mobil Daihatsu bisa memenuhi hasrat modifikasi yang maksimal," ujar Pradipto Sugondo, R&D Executive Officer PT ADM, di sela-sela test drive Daihatsu Ayla turbo, Rabu (6/3/2019).

Namun, Daihatsu Ayla turbo ini memang bukan untuk diproduksi massal.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Harga Setara, Pilih Daihatsu Ayla Baru atau Sirion Bekas?