Sukses

Ingat, Lampu Sein Mati Berbahaya bagi Diri Sendiri dan Orang Lain

Fungsi dari lampu sein sangatlah penting, yaitu sebagai indikator pada kendaraan pada saat kita akan berbelok.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu komponen sepeda motor yang bisa dibilang sangat penting, tapi kadang terabaikan perawatannya, adalah lampu sein. Padahal sudah jelas, fungsi dari lampu sein sangatlah penting, yaitu sebagai indikator pada kendaraan pada saat kita akan berbelok.

Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, lampu sein bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas. Saat ini, lampu sein menjadi salah satu kelengkapan yang harus dimiliki oleh semua kendaraan bermotor.

Lampu sein sendiri secara umum berwarna kuning yang akan menyala berkedip ketika dihidupkan.

Nah, bahaya jika lampu sein pada kendaraan bermotor kita tidaklah berfungsi dengan baik, apalagi mati. Akibatnya, pasti dapat menyebabkan kecelakaan di jalan raya.

Sementara itu, lampu sein secara umum memiliki peranan yang sangat penting bagi setiap orang saat berkendara.

Dalam penggunaannya, lampu sein memiliki aturannya sendiri. Adapun penggunaannya harus pada waktu yang tepat, ketika akan berbelok atau berpindah jalur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

selanjutnya

Oleh sebab itu, lampu sein tiap kendaraan bermotor haruslah hidup dan aktif. Jangan sampai lampu sein motor Anda tidak berfungsi atau mati. Meski tidak menutup kemungkinan, lampu sein berfungsi dengan baik. Namun jika kita tidak hati-hati, kecelakaan pun tidak dapat dihindarkan.

Jika sudah begitu dan terjadi kecelakaan karena lampu sein tidak berfungsi, maka tidak hanya berimbas pada diri sendiri, tetapi juga pada orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.