Sukses

Daihatsu Xenia 2019 Bakal Punya Mesin 1,5 Liter, Intip Bocoran Harganya

Liputan6.com, Jakarta - Daihatsu Indonesia (ADM) dikabarkan akan meluncurkan Xenia anyar tahun depan. Saat ditelusuri di laman resmi Samsat DKI Jakarta, tertera nama XEN15RAT berkode (F654RVGQDFJ) dan XEN15RMT (F654RVGMDFJ). Tertulis nilai jual (harga dasar) tipe transmisi manual Rp 149 juta dan otomatis Rp 158 juta.

Perlu dicatat, besaran banderol itu bukan harga yang siap dilepas buat pasar Tanah Air. Melainkan hanya nilai jual yang belum terkandung tambahan pajak, biaya balik nama (BBN) dan lain-lain. Artinya, hipotesa Xenia baru pun makin meruncing, tinggal menunggu peluncuran dan harga resmi. Daya gedor untuk bertarung di segmen LMPV semakin kuat. Kelak Xenia bisa mengandalkan dua mesin, 1,3 liter dan 1,5 liter.

Saat ini mesin 3-silinder 1,0 liter sudah ditinggalkan, agar tak saling makan pasar dengan Daihatsu Sigra. Dan Xenia fokus pada jantung pacu 1,3 liter agar punya diferensiasi produk dengan saudaranya, Toyota Avanza.

 

Menurut situs itu pula, pilihan mesin 1,5 liter hanya dibubuhkan pada Xenia kasta tertinggi, alias varian R. Dan hanya ada dua tipe saja yang ditawarkan. Untuk sekadar perbandingan, Xenia R 1,3 liter punya empat tipe yang dibanderol mulai dari Rp 198,5 juta hingga Rp 217 juta (R AT Custom) on the road Jakarta. Apalagi Daihatsu gemar mengiris potongan harga yang rapat, sebagai strategi bisnis di pasar yang gemuk itu.

Untungnya, pabrikan memposisikan mesin 1,5 liter sebagai pilihan tertinggi. Untuk apa? Masih sama dengan tadi, agar proporsinya tak langsung bersenggolan dengan Avanza. Apalagi, LMPV bikinan Toyota juga punya dua pilihan engine yang sama. Tinggal bagaimana mereka saling berbagi. Biasanya untuk urusan fitur-fitur, Avanza punya lebih banyak dari Xenia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Mesin Xenia 1.5

Mudah ditebak, mesin yang bakal dipakai adalah unit sama seperti Toyota Avanza Veloz, Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Meski tak disebutkan kode mesin yang digunakan, kemungkinan di bawah bonet Xenia baru, bersemayam mesin 2NR-VE 1,5 liter Dual VVTi. Jika tak ada ubahan, maka tenaga yang dihasilkan sebesar 103 hp pada 6.500 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.400 rpm.

Ia dipadukan dengan transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan. Seperti yang diklaim oleh Toyota dalam situs resminya, mesin hanya menenggak bahan bakar sebesar 16 km/liter (kombinasi). Lebih kurang berlaku juga pada Xenia model 2019. Patut untuk kita tunggu kedatangannya. 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.