Sukses

Kolaborasi Toyota dan Peugeot Siap Lahirkan Mobil Baru

Liputan6.com, Jakarta - Selain berkolaborasi dengan Daihatsu, ternyata Peugeot dan Toyota telah melahirkan mobil-mobil bersama. Toyota Aygo dan Peugeot 107 adalah mobil pertama hasil kolaborasi keduanya.

Sejak itu, hubungan kerja sama mereka diperpanjang hingga melahirkan mobil van. Kini pabrikan Jepang dan Prancis itu berencana untuk membuat mobil van lebih banyak.

Mengutip Autoindustriya, Toyota dan Peugeot akan mengenalkan small van. Dijuluki proyek C-Van, proyek ini akan menelurkan varian Toyota, Peugeot, dan Citroen yang akan dipasarkan di Eropa.

Tapi menilik van Peugeot, Traveler, yang juga melanglang buana ke seluruh dunia, ada peluang untuk small van baru ini juga dijajakan di pasar ASEAN.

Sampai saat ini, belum ada detail yang lebih lengkap tentang proyek C-Van. Tapi kemungkinan mobil itu akan mirip dengan MPV Toyota, Sienta yang dijual di pasar Asia.

Dalam proyek ini, pengembangan akan banyak dilakukan oleh Peugeot dengan Toyota yang akan menambahkan soal mekanikal.

 

 

2 dari 3 halaman

Selisih Rp 1 Jutaan, Pilih Honda Brio atau Toyota Avanza?

PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi mengumumkan harga all new Honda Brio yang diperkenalkan pada GIIAS 2018. Harga citycar tersebut dibanderol mulai Rp139 juta hingga Rp190 juta untuk varian tertingginya.

Ternyata, banderol varian tertinggi Honda Brio, RS CVT, hanya berselisih Rp1,1 juta dengan varian terendah Toyota Avanza. Berdasarkan situs resminya, varian termurah mobil sejuta umat itu, 1.3 E MT, dijual dengan harga Rp191,1 juta.

 

 
 

 

Karena tergolong sebagai MPV, Toyota Avanza jelas unggul secara kapasitas yang mencapai 7-penumpang. Sedangkan Honda Brio RS CVT hanya sanggup mengakomodasi 5-penumpang saja.

Selain itu, mesin yang ditawarkan Toyota Avanza juga lebih besar, 1.329cc dengan tenaga sebesar 91 Tk dan torsi 120 Nm. Meski demikian, dapur pacu ini digunakan untuk menggerakkan mobil dengan panjang 4.190 mm, lebar, 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm.

Sementara itu, Honda Brio RS CVT mengandalkan mesin 1.199cc yang mampu menghasilkan tenaga 89 Tk dengan torsi maksimum mencapai 110 Nm. Performanya bisa dibilang lebih baik karena hanya menopang Brio yang memiliki panjang 3.815 mm, lebar, 1.680 mm, dan tinggi 1.485 mm.

 

Dari segi fitur, Honda Brio RS CVT jelas lebih unggul karena terlahir sebagai varian tertinggi. Citycar ini dibekali dengan lampu kabut, wiper belakang, audio steering switchauto door-lock, dan alarm built-in.

Selain itu, sisi interior Honda Brio RS CVT juga terlihat lebih sporty dengan balutan warna hitam dan aksen oranye. Mobil ini juga dibekali head-unit display touchscreen berukuran 6,1 inci.

Meski demikian, fitur keamanan keduanya cukup sepadan. Baik Honda Brio RS CVT maupun Toyota Avanza 1.3 E MT sama-sama dibekali sistem pengereman ABS, airbag depan, seatbelt-warning, dan engine check warning.

Kesimpulannya, Honda Brio RS CVT menawarkan kenyamanan dan berbagai fitur menarik. Sementara itu, Toyota Avanza bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memuat penumpang atau pun barang lebih besar dan banyak.

Sumber: Otosia.com

 
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
MPV Murah Renault Mulai Dites, Kapan Masuk Indonesia?
Artikel Selanjutnya
Berburu MPV Boxy Rp 200 Jutaan, Pilih Daihatsu Luxio atau Suzuki APV?