Sukses

Tol Sragen-Ngawi Sepanjang 51 Km Resmi Beroperasi

Saat peresmian, Jokowi menegaskan jika segmen ini sebagai salah satu tanda Jalan Tol Trans Jawa akan tersambung pada akhir 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi, Rabu, (28/11/2018). Dengan diresmikannya Segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 Km, maka Jalan Tol Solo-Ngawi dengan total panjang 90,43 Km sudah resmi beroperasi seutuhnya.

Saat peresmian, Jokowi menegaskan jika segmen ini sebagai salah satu tanda Jalan Tol Trans Jawa akan tersambung pada akhir 2018.

"Ini artinya sebentar lagi dari Jakarta hingga Surabaya di akhir tahun ini Insha Allah sudah tersambung semuanya," jelas Jokowi, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com.

Lanjut Jokowi, dengan selesainya jalan tol dari Jakarta ke Surabaya ini, para Kepala Daerah bisa mengintegrasikannya dengan kawasan-kawasan industri, baik yang baru maupun lama, dan juga kawasan wisata.

"Jangan sampai jalan tol ini berdiri sendiri sebagai jalan tol. Semuanya harus diintegrasikan sehingga manfaatnya betul-betul maksimal. Mobilitas orang, mobilitas barang, semuanya bisa melalui jalan tol ini, bisa berjalan dengan cepat," tegas mantan Wali Kota Solo tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (PT JSN), David Wijayatno juga berharap dengan Jalan Tol Solo-Ngawi yang telah beroperasi penuh ini dapat menjadi salah satu upaya dalam memecah masalah transportasi darat, turut mendukung distribusi logistik dan menciptakan konektivitas baru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dengan ini, dampak positif bagi ekonomi kawasan secara umum dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, khususnya di lingkungan sekitar Jalan Tol Solo-Ngawi.

"Dengan beroperasi penuh, Jalan Tol Solo-Ngawi dapat memangkas waktu tempuh dari yang semula tiga jam dengan menggunakan jalur yang ada, sekarang dapat ditempuh hanya dalam waktu 1,5 jam," tambah David.

Sebagai informasi, jalan Tol Solo-Ngawi akan menghubungkan beberapa daerah, terutama Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sukoharjo, Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen di Jawa Tengah dan Kabupaten Ngawi di Jawa Timur.

Untuk mempermudah melakukan akses jalan tol ini, saat ini telah dioperasikan lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Colomadu, GT Ngemplak, GT Karanganyar, GT Sragen, dan GT Ngawi serta segera dibuka, GT tambahan pada awal 2019.

Tambahan GT ini, antara lain GT Gondangrejo (akses arah Purwodadi) serta GT Sragen Timur (berada di Kecamatan Sambungmacan, Sragen sebagai akses arah Mantingan).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini