Sukses

Kalau Mau Menang Jangan Cuma Ide Cemerlang, Tapi Detail Harus Mendukung

Liputan6.com, Pangandaran Dalam Honda Modification Contest (HMC) 2018, terdapat beberapa motor yang punya inovasi gila. Sayangnya, motor itu tidak bisa jadi yang terbaik pada kontes kali ini.

Diakui salah satu juri HMC, Hidayat Priyo Wibowo (Retro Syndicate), bahwa dunia motor kustom atau modifikasi yang ada sekarang sudah berkembang sangat pesat.

"Kami harus berhati-hati dalam menentukan pemenang," ujarnya kepada Liputan6.com selepas acara konferensi pers HMC di Pangandaran (17/11/12).

Selain banyaknya peserta yang kali ini mencapai 117 motor, desain yang ditampilkan menyajikan konsep yang unik dan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. "Wah kalau salah menentukan pemenang bisa diamuk 26 ribu bikers yang ada di sini," seloroh juri lainnya, Eka Budhiansyah (Tabloid Motor plus).

Tugas berat dan profesionalitas juri diuji di sini. "Kami melihat konsepnya dulu, kesesuaian detail dan coba menungganginya," tambah Hidayat. Dari sana, juri bisa mengetahui kelemahan dan dikonfirmasikan kepada kontestan.

 

2 dari 3 halaman

Detail Pekerjaan Menentukan Nilai

Ia mencontohkan sebuah motor yang berdesain hubless. Secara desain menurutnya menarik, tapi secara keseluruhan ada yang kurang setelah ia mencoba menungganginya. Ada kekurangan di bagian rem (yang mengurangi nilai fungsional dari desainnya), dan ini tidak boleh terjadi. Hal ini pun diakui oleh sang builder. "Ya dia mengetahui dan mengakui kekurangan itu," ujar juri yang merupakan builder asal Kota Gudeg ini.

Menurut Hidayat, ada banyak hal yang harus dibenahi para builder. Lebih lanjut diakuinya, konsep yang diangkat para builder peserta HMC sudah sangat baik. "Idenya menarik, sayang pengerjaan tidak diperhatikan dengan baik."

Hidayat menuturkan bahwa sebuah konsep harus diikuti dengan detail pekerjaan yang baik. "Termasuk pemasangan atau pemilihan baut sekalipun, itu harus yang baik," tambahnya. Ia sangat menyangkan banyak builder yang tidak memperhatikan permasalahan kecil ini.

Harapannya, dengan konsep yang cemerlang dan detail pekerjaan yang baik akan membuat hasil yang sempurna. Tak mengurangi nilai akhir.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Loading