Sukses

Mengulik Benelli TRK 251, Motor Adventure Berdarah Italia

Liputan6.com, Nusa Dua - Tahun depan pasar otomotif Tanah Air khususnya di segmen sport adventure bakal semakin ramai dengan rencana masuknya Benelli TRK 251. Motor ini bakal menjadi lawan sepada bagi Honda CRF 250 Rally, Kawasaki Versys 250, Viar Vortex 250 hingga BMW G 310GS.

Benelli TRK 251 telah diperkenalkan akhir pekan lalu di Bali. Lalu seperti apa spesifikasinya? Simak ulasannya di bawah ini.

Desain

Desain memang sering jadi hal yang subjektif untuk dibahas. Karenanya kami tak menilainya, hanya mendeskripsi apa yang kami lihat. Tampilan Benelli TRK251 mengadopsi motor adventure berkapasitas mesin besar. Utamanya dari aplikasi fairing yang menjorok ke depan, menyerupai sepatbor.

Pendekatan ini dilakukan oleh BMW R1200GS. Lampunya berlensa ganda dengan bentuk unik. Pembagian fungsi lampu dekat dan jauh di masing-masing lampu. Lampu sein disajikan dengan pendekatan yang sangat unik, berposisi vertikal melekat pada sayap bodi.

Rangka

Dibangun di atas sasis teralis berbahan baja, geometri Benelli TRK251 ini, dirancang sedemikian rupa dengan model busur, agar mampu memberikan tongkrongan khas motor penjelajah. Sasis jenis ini (teralis), kerap diandalkan motor-motor adventure lantaran potensinya menjadikan motor tetap lincah dan stabil saat menerjang medan beragam.

Suspensi

Salah satu yang keren dari Benelli TRK 251, kaki depannya. Ia melangkahi Kawasaki Versys 250 dengan menggunakan shock teleskopik upside down. Tentunya fungsionalitas shock jenis ini tak usah diragukan. Kaki belakang monoshock pun bisa diatur preloadnya untuk menyesuaikan kondisi perjalanan.

 

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Mesin dan Performa

Mesin yang digunakan Benelli TRK251, unit 1-silinder 249 cc DOHC 4-valve berpendingin cairan. Berbasis dari mesin yang sukses digunakan oleh TNT250, pihak Benelli mengimprovisasi ECU, sistem injeksi, intake, knalpot dan beberapa hal lainnya yang membuat mereka berani menyebut ini mesin generasi baru.

Tujuannya, menghadirkan karakter performa yang cocok untuk kebutuhan adventure. Tenaganya mencapai 26,8 dk dengan torsi 21 Nm. Mesin ini disokong oleh transmisi manual 6-percepatan dan dipasok bahan bakar dengan tangki 17 liter.

Fitur

Kalau Anda menginginkan motor jelajah yang bertabur fitur, maka Benelli TRK251 bisa jadi solusi. Tanpa kami jelaskan, inilah daftar fitur yang tersedia sebagai standar; velg alloy, panel indikator full digital, shock depan upside down, rem depan 4 kaliper dengan piringan bergelombang dan dilengkapi ABS sebagai standar. Lampu projector, DRL dengans sistem LED juga jadi standar.

Kesimpulan

Dari tiga model yang diluncurkan Benelli global di Bali, kemarin (TRK251, 502C dan 752S), model adventure ini yang paling berpotensi untuk membantu brand ini berkompetisi di pasar Tanah Air.

Skema pajak di Indonesia memungkinkan harga Benelli TRK251 tak jauh beda dengan versi Cina yang ditawarkan dengan harga Yuan 19.800 – 22.600 atau sekitar Rp 43-49 jutaan. Daya juangnya disokong pula oleh perakitan lokal PT Benelli Motor Indonesia yang dikomandani Steven Kentjana Putra, untuk membuat harga lebih kompetitif.

Sumber: Oto.com

Artikel Selanjutnya
Penantang Honda CRF 250 Rally dari Benelli Masuk Indonesia Tahun Depan, Harganya?
Artikel Selanjutnya
Pertama di Dunia, Begini Penampakan Benelli 502C yang Babak Belur di Bali