Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Komponen Ini Punya Peran Penting di Mobil Balap F1

Liputan6.com, Jakarta - Performa mobil balap Formula 1 (F1) begitu dipuja oleh sebagian orang lantaran lajunya yang begitu cepat. Didukung dengan suara knalpot yang menggelegar, tak heran jika mobil itu disebut sebagai jet darat.

Di balik kencangnya laju mobil F1, ada banyak komponen yang berperan penting dalam menunjang performanya. Salah satunya adalah kopling dan damper.

Untuk diketahui, dari 10 pembalap tercepat saat Grand Prix Singapura 2018, enam di antaranya mengendarai mobil yang dilengkapi dengan kopling buatan ZF. Adapun mobil yang menggunakan di antaranya Scuderia Ferrari, Red Bull, Sauber, Toro Rosso, dan Haas.

Kepala Komunikasi Regional AP - Aftermarket ZF Stefanie Fischer menyampaikan, mobil balap mulai dari Ferrari, Sauber, Force India dan Haas dilengkapi dengan damper buatan ZF, sementara mobil balap Red Bull dilengkapi dengan kopling buatan ZF.

"Teknologi yang mendukung mobil-mobil balap ini memungkinkan mereka untuk melaju sampai batas maksimum mereka berkat setiap komponen yang bekerja secara sinkron di bawah kap mesin," terang Stefanie dalam keterangan resminya, Selasa (16/10/2018).

Ia menyebut, kopling karbon F1 secara khusus dikembangkan sesuai dengan masing-masing kebutuhan pengemudi. Kopling tipe tarik 97 mm dapat beroperasi hingga 22.000 rpm dengan torsi mencapai 800 Nm.

"Gesekan pada karbon untuk gerakan awal dioptimalkan, pegas diafragma dengan stabilitas termal serta rumah kopling dibuat dengan titanium berkekuatan tinggi," ujarnya.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Sementara damper F1 adalah damper batangan yang terbuat dari titanium, rumahnya yang terbuat dari aluminium berkekuatan tinggi dengan diameter piston tidak lebih dari 30 mm dan berat kurang dari 300 gram.

"Untuk menempatkan semua komponen itu dalam perspektif, maka setiap spesifikasi dalam produk akan bekerja bersama-sama untuk memberikan performa level tertinggi dan memastikan keamanan maksimum di setiap balapan," Stefanie menambahkan.

Sekadar informasi, ZF merupakan pemimpin global dalam teknologi driveline dan sasis serta teknologi keamanan aktif dan pasif.

ZF telah menjadi pendukung olahraga balap mobil selama bertahun-tahun yang menawarkan produk dengan hubungan dan opsi instalasi yang sangat baik, fungsi optimal dan masa pakai yang lama serta dirancang sempurna untuk penerapan pada batas teknis.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
F1 GP Jepang Berakhir Lebih Cepat, FIA Gelar Investigasi
Artikel Selanjutnya
Bottas Juara GP Jepang, Mercedes Kunci Gelar Konstruktor F1 2019