Sukses

Honda Monkey, Nostalgia Motor Mungil di Benua Biru

Liputan6.com, Jakarta Honda Monkey punya tempat di hati konsumen Eropa. Terbukti, motor ini dipamerkan Intermot 2018.Bicara penjualan Honda di Eropa, trennya menuju motor adventure atau fun bike. Di antara yang fun bike, muncul nama Honda Monkey.

Dikatakan Vito Ciccheti General Manager Mororcycle Division Honda Mptor Europe Ltd., saat ditemui di Intermot 2018, motor mungil itu punya tempat di hati konsumen Eropa. "Honda Monkey sangat fantastik, kalangan tua pernah menemukannya. Ikonik dan jadi legenda di Eropa," ujarnya.

Namun bukan perkara mudah bagi Honda untuk mengembalikan nama besar Monkey di pasar Eropa  "Kami sedang mempromosikannya di kalangan muda Eropa. Karena ini ada fun (kesenangan). Tapi sayang anak muda sekarang lebih senang dengan tekologi komunikasi (smartphone). Mereka bisa beli pc atau mobile phone tiap tahun," jelasnya.

Di luar itu alasan lainnya adalah karena sarana transportasi di sana juga sudah baik. "Kami tidak jual dalam kapasitas besar tapi akan bertambah besar," ujar Vito sebelum mengakhiri perbincangan di Intermot 2018, Koln, Jerman. Honda tidak bicara volume yang besar untuk motor yang berkapasitas 125 cc ini.

Honda Monkey pertama kali diproduksi pada 1961. Salah satu pemiliknya adalah John Lennon, seorang anggota Band Beatles yang sangat terkenal pada era itu. Honda ingin membangkitkan nostalgia keemasan beberapa motor di masa lalu. Tidak saja Honda Monkey, ada pula Honda Super Cup yang juga dipamerkan di Intermot 2018 di Koln, Jerman.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 dari 4 halaman

Honda Monkey Legenda Musik John Lennon Dijual, Berani Tawar?

Agustus 2017, Honda menyuntik mati sepeda motor legendaris yang dikenal dengan nama ‘Monkey’. Mengakhiri masa produksinya, perusahaan dengan logo Sayap Kepak ini meluncurkan seri pamungkas yaitu Monkey 50th Special.

Setidaknya 500 unit Monkey edisi spesial diproduksi. Akan tetapi masalah justru timbul  di mana calon konsumen melonjak naik karena ingin menjadi pembeli motor mungil edisi terakhir.

Puluhan ribu orang mendaftar bahkan ada juga yang langsung ‘menyerbu’ pabrik Honda di Tokyo, Jepang, agar mendapatkan jatah Monkey spesial tersebut.

Nah, karena sudah tidak lagi dibuat, ternyata Honda Monkey juga banyak dijual melalui lelang.

Salah satunya seperti Honda Monkey seken dengan kode Z50A K1 buatan 1969 yang akan diijual melalui rumah lelang H&H Classic di National Motorcycle Museum Motorcycle Auction, Inggris, 4 Maret 2018 mendatang. Demikian dilansir Visordown, Sabtu (7/1/2018).

Usut punya usut, Honda Monkey yang satu ini selain sudah menjadi barang klasik dan langka, ternyata memiliki nilai historis. Pasalnya, Honda Z50A K1 ini pernah dimiliki musisi sekaligus pentolan grup The Beatle, John Lennon.

Diperkirakan, Honda Monkey bekas John Lennon ini dapat terjual tinggi hingga tembus 30 ribu Poundsterling atau sekitar Rp 539 juta. Harga ini juga dipicu karena kondisi motor tersebut diklaim masih orisinil termasuk penggunaan suku cadang.  

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Bentuk yang mungil rupanya membuat pria kelahiran Liverpool, 9 Oktober 1940 dengan nama panjang John Winston Ono Lennon ini kepincut membelinya.

Tepat pada 1969 Lennon meminang Honda Monkey. Motor ini pun kerap digunakan dia untuk berkeliling di dekat rumah di Tittenhurst Park.

Namun pada 1971 motor ini djual, lantaran Lennon harus pindah ke New York. Motor mini tersebut akhirnya dijual kepada Henry Graham, dan di tahun yang sama dijual kembali ke John Harington.

Harington menjadi pemilik yang sah hingga saat ini. Selama 47 tahun, Harington telah memamerkannya motor bekas Lennon ke berbagai acara dan pameran.

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Deretan Modifikasi Motor Kustom Ekstrem di Intermot 2018
Artikel Selanjutnya
Motor 125 Cc Lebih Populer Ketimbang 250 Cc di Eropa, Buktinya Ada di Intermot 2018