Sukses

VW Kombi Listrik Lahir 2020

Liputan6.com, Jakarta - Volkswagen (VW) menyatakan siap membangkitkan kembali model lawasnya, Kombi. Rencananya, produksi massal mobil ini dilakukan pada 2020.

Hanya saja mobil yang akan dibangkitkan nanti dipastikan berbeda dengan pendahulunya karena model baru ini bertenaga listrik. Dari segi tampilanpun lebih modern.

Nah, masih ingatkah Anda dengan mobil konsep yang dijuluki I.D Buzz? Betul, platformnya memang dari situ. Kendaraan konsep itu dijadikan mobil produksi bergenre van. Jadilah Volkswagen Tipe II, yang sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik. Sebuah VW tanpa emisi. Mengingat, beberapa tahun lalu, pabrikan sempat tenggelam lantaran kasus manipulasi emisi gas buang. Makanya, VW menyatakan fokus untuk pengembangan kendaraan listrik.

Head of Brand Volkswagen, Herbert Diess mengatakan kabar itu di Pebble Beach, California. “Sejarah dan masa depan, semuanya disatukan di mobil ini. Kami memadukan kendaraan legendaris dengan konsep baru. Mobil inilah pilar penting dalam inisiatif elektrik Volkswagen. Mobil siap memberi pengalaman mengemudi campervan di masa depan. Kami siap memproduksinya," paparnya.

Rencanannya Kombi dibuat oleh Volkswagen Commercial Vehicles. Dimensinya kemungkinan tak sebesar Kombi dulu. Bisa jadi, alasannya agar mobil lebih ringan dan daya jelajahnya tinggi. Kata VW, ia bakal disematkan baterai lithium-ion 48kWh sebagai standar. Meskipun ada opsi pemakaian baterai 111kWh untuk melesat lebih jauh.

Keduanya dapat diisi hingga 80% dalam waktu kurang dari satu jam. Klaim macam ini memang gencar dilakukan oleh produsen mobil. Semuanya sama, mengaku pengisian daya berlangsung kilat. Rupanya VW mau tampil beda. Pabrikan merancang pengisian nirkabel induktif di masa depan. Jangkauan sebaran frekuensi listriknya bisa seluas 310 mil. Kalau terbukti, kami bakal puji setinggi langit.

 

2 dari 3 halaman

Eksterior Mobil

Tampilan VW Kombi elektrik sangat menggoda. Terlihat futuristik, namun tak meninggalkan karakter Kombi lawas. Kelirnya pun sama dualtone, pada bodi bawah dan atap putih. Logo VW besar menghiasi fascia depan yang tanpa grille. Lampu utama dan kabut sudah pasti pakai LED. Ia punya sunroof, pintu belakang lebar, ditambah pintu geser di sisi penumpang untuk mengoptimalkan fungsi interior. Sangat menawan hati.

Konfigurasinya, sementara ini, ada tiga baris jok penumpang. Di depan ada tiga kursi, meskipun yang di tengah dapat dilipat untuk menaruh laptop, misalnya. Baris kedua dan ketiga juga untuk penumpang, namun bisa disesuaikan untuk menambah volume kabin. Yang pasti, mobil sanggup membawa beban 800 kg.

Kemudian mobil punya rak digital bernama Sortimo. Rak ini dapat memantau stok dan mengingatkan Anda tentang barang-barang yang hilang sebelum Anda pergi. VW menjamin kenyamanan berkendara dan kepraktisan optimal.

Dalam web resmi VW, versi kompak mengaspal sebelum tahun tersebut. Kedua model ini sepenuhnya berpenggerak listrik. Versi produksi ditujukan terutama buat pasar Amerika Utara, Eropa dan Cina.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mobil VW Bisa Berkomunikasi dengan Pengendara Lewat Lampu
Artikel Selanjutnya
Setelah Tiguan, Model Volkswagen Lain Akan Dirakit di Indonesia?