Sukses

Tips Jitu agar Anak Tak Mabuk Selama Perjalanan Mudik

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa sebentar lagi memasuki libur Lebaran, yang artinya perjalanan mudik 2018 akan dimulai. Mungkin dari hari ini, atau beberapa hari ke depan. Ribuan bahkan jutaan orang akan memadati jalan raya, bandara, stasiun, dan terminal sesuai pilihan moda transportasi masing-masing.

Bagi Anda yang akan mudik bersama keluarga dengan mobil pribadi, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, termasuk fisik, terlebih anak-anak. Sebab, si kecil lebih rentan terkena mabuk selama perjalanan mudik 2018.

Untuk itu, orang tua perlu memastikan anak-anak untuk makan terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan. Selain itu, jangan lupa untuk membawa bekal berupa makanan kecil, seperti biskuit, buah, dan susu.

Ketika perjalanan, upayakan sang buah hati tidak bermain gadget dalam waktu yang lama. Kenalkan anak pada daerah sekitar yang sedang dilewati. Lakukan kegiatan yang membuat posisi duduknya menjadi nyaman.

Solusi terakhir adalah memberikan obat anti mabuk sebelum memulai perjalanan mudik. Pastikan takaran yang diberikan sesuai dengan usia anak.

 

 
2 dari 3 halaman

4 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

Sepekan lagi, umat muslim di seluruh dunia siap menyambut hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Di Indonesia, menyambut perayaan umat Islam yang disebut Lebaran ini terdapat ritual khusus, yakni mudik ke kampung halaman.

Nah, kali ini Laurentius Iwan Pranoto, Communication & Event Manager PT Asuransi Astra Buana (Garda Oto), memberikan tips yang wajib diutamakan saat mudik. Apa saja?

 

 

 

Pertama, para pemudik yang menggunakan kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat, diharuskan taat terhadap aturan lalu lintas.

Pasalnya aturan lalu lintas yang diterapkan dipastikan untuk memberikan keamanan, keselamatan dan ketertiban bagi semua pengguna jalan.

“Kedua, pastikan kesiapan mobil dalam keadaan fit. Pastikan mobil sudah dibawa ke bengkel resmi atau umum,” ungkap Iwan saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dengan melakukan pemeriksaan ke bengkel, maka secara tidak langsung, kendaraan yang akan digunakan mudik lebih fit dan mengurangi resiko mogok di tengah jalan.

Ketiga, Iwan mengatakan, jika ingin melakukan perjalanan jauh seperti mudik, pastikan menyimpan beberapa no penting. Salah satunya adalah asuransi.

“Asuransi, supaya kalau ada apa-apa yang ditelpon pertama bukan pacar tapi menelpon call center atau asuransi," sambungnya.

Lalu yang terakhir, jika saat mengemudi mengantuk, usahakan jangan dipaksa. Sebaliknya, manjakan tubuh Anda dengan cara tidur.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Pilih Jalur Mudik Berliku-liku atau Lurus, Ilmu Menyetirnya Berbeda
Artikel Selanjutnya
Menkes Himbau Pasutri Jangan Berantem di Mobil Saat Mudik