Sukses

Bagus Mana, Motor Jokowi atau Gibran?

Jokowi dan Gibran sama-sama memiliki motor modifikasi, kedua motornya dipajang di acara IIMS 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo memilik gaya nyentrik untuk urusan otomotif. Hal ini terlihat dari selera Jokowi ketika membeli sebuah motor bergaya chopper yang dirombak oleh rumah modifikasi Kick Ass Chopper dan Elder Garage.

Motor dengan basis mesin, tromol dan shockbraker dari Royal Enfield Bullet 350 ini disebutkan telah dilengkapi surat-surat lengkap.

"Komponen lokalnya sekitar 70-75 persen, karena komponen seperti ban, kan, kami enggak produksi sendiri. Kami beli yang ada. Tromol juga kami ambil dari motor yang sudah ada juga. Tapi tangki, rangka, spakbor belakang, jok, arm belakang, swingarm bikinan kami semua," ungkap pendiri Elders Garage, Heret Frasthio kala itu.

Seperti diketahui, Royal Enfield Indonesia Bullet 350 menggendong mesin 346 cc, silinder tunggal, busi ganda dengan bore and stroke 70 mm x 90 mm, dan sistem pengapian transistorised coil ignition. Namun begitu, motor yang mengusung mesin berdaya 19,8 Tk dan torsi 28 Nm ini memiliki transmisi lima percepatan.

Motor Jokowi sendiri merupakan motor modifikasi pertama yang dilahirkan dari kolaborasi Elders Garage dengan Kickass Choppers.

Motor tersebut dibeli Jokowi senilai Rp 140 juta. Sementara itu, punggawa Kickass Chopper, Veroland menduga, ketertarikan Jokowi terhadap motor kustomnya karena desain.

"Chopper itu memang posisi duduknya lebih rendah, lebih santai tapi setangnya agak tinggi. Mungkin wajar juga Pak Jokowi tertarik, karena melihat posisi duduknya lebih santai aja daripada motor-motor lain," jelas Vero.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Motor Caferacer Gibran Rakabuming

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Tak hanya Jokowi, anak sulungnya, Gibran Rakabuming juga kepincut dengan sepeda motor modifikasi.

Ia tak mau kalah dengan membeli motor bergaya klasik. Hanya saja berbeda dengan selera sang ayah, pria yang sibuk sebagai pengusaha makanan ini lebih memilih motor bergaya caferacer.

Motor modifikasi anak presiden ini digarap oleh rumah modifikasi asal Solo, Jawa Tengah, Rich Richie (Ride and Garage).

"Iya, punya Gibran," seperti dikutip Liputan6.com dari akun instagram resminya @richrichieridegarage.

Motor Gibran diketahui berasal dari Honda CB125 lansiran 1974. Sebelumnya, motor ini memiliki gaya japstyle, dan kemudian diubah tampilannya jadi motor sport klasik dengan full fairing.

Namun, motor kustom dengan kelir biru langit yang dikombinasikan warna putih dan tambahan nomor 69 itu belum diketahui berapa biaya pembuatannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.