Sukses

Mengenal Lorraine Dietric 1908, Mobil Sebelum Perang Dunia I

Liputan6.com, Jakarta - Setiap mobil klasik pasti memiliki nilai sejarah tersendiri bagi sang pemilik. Biasanya, mobil yang spesial bisa dilihat dari beberapa hal, seperti paling langka, mahal, dan juga paling tua.

Begitu juga dengan koleksi mobil kuno yang terdapat di Hauwke's Auto Galley (HAG), milik Hartawan Setjodiningrat.

Selain memiliki empat mobil yang pernah dipakai Bung Karno, galer ini juga memiliki satu koleksi mobil klasik spesial, Lorraine Dietric 1908.

Mobil klasik ini menjadi spesial, karena ini mobil tertua dan paling langka yang terdapat HAG. Lorraine Dietric 1908 ini merupakan mobil asal Perancis, yang diproduksi sebelum perang dunia I.

 

"Saya bangun mobil ini 1980-an, dan ikut rally. Tapi saat itu belum punya saya, baru pada 1983 saya beli mobil tersebut," jelas pria yang akrab disapa Hauwke saat berbincang dengan wartawan, beberapa waktu lalu.

Pria yang sudah berkeliling ke-60 negara ini, mendapatkan mobil langka tersebut dengan harga yang cukup murah.

"Dapat mobil ini di depan bioskop di Kebayoran Lama sekitar 1970-an. Saya beli mobil ini murah, hanya Rp 7,5 juta," kenangnya.

1 dari 2 halaman

selanjutnya

Untuk diketahui, Lorraine-Dietrich adalah produsen mesin mobil dan pesawat asal Perancis.

Lorraine Dietric 1908 memiliki bodi convertible, dengan kapasitas penumpang empat sampai lima penumpang.

Untuk mesinnya, spark-ignition 4-stroke, dengan sistem pengabutan 4-stroke dengan tenaga yang dihasilkan sekitar 12 Tk, dengan kecepatan maksimum 85 km/jam.

Artikel Selanjutnya
Jangan Kaget, di Tempat Ini Bersemayam Ratusan Mobil Klasik
Artikel Selanjutnya
Mau Koleksi Mobil Klasik, Simak Tips dari Ahlinya