Sukses

Arti di Balik Nama Kawasaki KLX, Apa Itu?

Liputan6.com, Jakarta Tak dipungkiri, Kawasaki KLX lebih populer di Indonesia ketimbang motor trail lainnya. Maklum, Kawasaki harus cermat mencari celah dalam memasarkan produknya, lepas dari dominasi merek lainnya.

Di luar itu, tahukah Anda tentang arti nama Kawasaki KLX? Dilansir dari akun Instagram @kawasaki_madiun, KLX merupakan singkatan dari Kawasaki Light Cross. Di negara asalnya, kata "cross" kerap diganti dengan huruf "X".

Secara harafiah, KLX dapat diartikan sebagai motor cross Kawasaki seri ringan. Tak hanya soal bobot, kata "light" mempertegas bahwa motor cross ini juga dapat dikendarai oleh pemula dan di jalan raya.

Oleh sebab itu, Kawasaki melengkapi KLX dengan fitur yang tidak terdapat pada motor berkode KX atau Kawasaki Cross yang 100 persen motor trail. Berbeda dengan KX, KLX dibekali spion, panelmeter, standar samping, lampu depan-belakang, lampu sein, dan kunci kontak.

Tak hanya segi fitur, mesin yang diusung keduanya pun sangat berbeda. Jika Kawasaki KLX menggunakan mesin 4 tak, KX justru masih menggunakan mesin 2 tak yang terkenal karena torsi yang besar.

Kawasaki KLX tersedia dalam dua varian berdasarkan kapasitas mesin, yaitu KLX 150 dan KLX 250 dengan berbagai serinya masing-masing. Sedangkan KX ditawarkan dalam 4 varian, KX 65, KX 85, KX 100, dan KX 250.

 

Sumber: Otosia.com

1 dari 2 halaman

Lintasi Jalan Trans Papua, Ini Spesifikasi Motor Trail Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan Kunjungan Kerja Lintas Nusantara ke Wamena, Papua, untuk meninjau sejumlah proyek infrastruktur yang sudah dikerjakan, salah satunya adalah Jalan Trans Papua.

Dalam laporan News Liputan6.com, Rabu (10/5/2017), disebutkan bahwa Presiden ke-7 itu akan memantau langsung proyek di ruas Wamena-Mamugu tersebut menggunakan sepeda motor trail. Nomor polisi RI 1 sudah tersemat di motor segala medan itu.

Jokowi rencananya akan mengendarai trail sepanjang 5 kilometer, dari Km 37 hingga Km 42. Sepanjang jalan itu tidak semuanya diaspal, sebagian bahkan masih tanah.

Dilihat dari tampilannya, terutama tulisan di badan motor, jelas itu adalah Kawasaki KLX. Motor yang memang bisa melaju di jalan aspal ataupun non-aspal.

Lebih spesifik, jika dilihat dari warnanya, ini adalah Kawasaki KLX 150BF SE. Hanya model inilah yang corak warnanya merupakan kombinasi antara hitam sebagai dasar, putih serta sedikit merah sebagai strip di bagian samping.

Dalam laman resmi Kawasaki, kawasaki-motor.co.id, disebutkan bahwa motor ini adalah generasi penerus dari KLX 150L. Pabrikan Jepang itu menyebut motor ini dapat menawarkan pengendara performa offroad sejati di segala medan.

Untuk mendukungnya, tersemat pelek besar berukuran 21 inci untuk bagian depan, serta 18 inci untuk belakangnya. Tersemat pula suspensi depan upside-down.

Sektor mesin KLX ini mengandalkan mesin SOHC 144 cc, 2 katup, 4-tak, air-cooled, yang menghasilkan tenaga 11,8 Tk pada 8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm pada 6.500 rpm. Mesin ini disandingkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Semua ini bisa diperoleh konsumen umum dengan menebusnya dengan uang sebesar Rp 33,6 juta, on the road Jadetabekser.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Kick Starter, Jangan Abaikan Keberadaannya
Artikel Selanjutnya
Tol Sumo dan Tol Jomo Tersambung, Akses Jawa Timur Kian Mudah