Sukses

Wuling Motors Buka Peluang Hadirkan SUV

Liputan6.com, Semarang - Wuling Motors sedang merasakan manisnya bulan madu di pasar otomotif Indonesia. Dua produknya yakni Confero dan Cortez mendapat respon positif dari konsumen Tanah Air.

Meski keduanya laku di pasaran, mereka tak ingin berpuas diri. Penambahan jaringan pemasaran dan pelayanan serta membesarkan nama brand menjadi fokus utama mereka saat ini.

Bicara soal model lain yang bakal dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen nasional, Wuling mengaku sudah menyiapkan ancang-ancang. Hanya saja mereka belum menentukan model apa yang bakal diboyong ke Indonesia.

Segmen sport utility vehicle (SUV) menjadi "mainan" baru yang memiliki potensi besar untuk digeluti pabrikan asal Tiongkok tersebut. Pasalnya mereka memiliki sejumlah model yang diniagakan di negeri asalnya.

"Kalau di Cina, produk kita sudah sangat lengkap. SUV juga ada beberapa, seperti Baojun 510, 530, dan 560, tetapi yang cocok untuk pasar Indonesia kami belum tahu," terang Dian Asmahani Brand Manager Wuling Motors di Semarang, Jawa Tengah.

Sembari studi mengenai produk baru yang bakal dihadirkan nanti, Wuling mengaku fokus pada dua model yang sudah ada lebih dulu.

"Kami juga baru satu tahunan di Indonesia. Model lain sudah pasti ada, tapi sekarang kami fokus ke dua model itu dulu saja," pungkasnya.

1 dari 3 halaman

Siap-Siap, Wuling Bakal Acak-Acak Duet Calya-Sigra

Setelah menghadirkan dua mobil keluarga dengan harga menarik, yaitu Confero dan Cortez, PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) masih menyiapkan senjata baru untuk kembali mengejutkan pasar Indonesia.

Model anyar dari pabrikan asal Tiongkok ini, tidak lain adalah Confero dengan kapasitas mesin yang lebih kecil. Nantinya, jika diluncurkan di pasar Tanah Air, mobil ini siap menjegal MPV murah milik Toyota dan Daihatsu, Calya-Sigra.

Dijelaskan Cindy Cai, Vice President of VSSM Wuling Motors, untuk Wuling Confero 1.2 memang belum untuk tahun ini.

"Belum fix dulu, karena kami masih fokus ke Wuling Confero 1.5 dan Cortez 1.5. masih dipertimbangkan," jelas Cindy di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, dijelaskan Arief Ramadhi Product Planning Specialist Wuling Motors Indonesia, pihaknya memang masih terus mempertimbangkan kehadiran Wuling Confero 1.2 ini di pasar otomotif nasional. "Persentasenya 50:50 lah, tapi kemungkinan keluarnya lebih banyak sih," jelas Arief.

Sementara itu, disinggung apakah Wuling Confero 1.2 masuk ke segmen mobil murah ramah lingkungan alias LCGC, pihak Wuling dengan tegas membantahnya "Tidak (masuk LCGC), masuk seperti mobil biasanya," pungkas Arief.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Sebelumnya, harga untuk Wuling Confero S 1.2 sudah mulai muncul ke publik dan tertera jelas di informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) di laman resmi Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Dalam gambar, harga varian baru berada di antara harga Wuling Confero S 1.5, terdapat nilai jual Wuling Confero S 1.2 (4x2) MT dengan harga Rp 78 juta. Sedangkan varian lainnya, yaitu Wuling Confero S 1.2C (4x2) MT memiliki harga jual Rp 88 juta.

Namun perlu diingat, harga tersebut belum termasuk penambahan pajak dan biaya-biaya lainnya. Kalau sudah on the road, harga bisa naik lagi.

Untuk diketahui, jika diluncurkan di Indonesia, Wuling Confero S 1.2 ini bakal bersaing dengan duet maut MPV LCGC milik Toyota dan Daihatsu, yaitu Calya dan Sigra.

Sebagai perbandingan harga, untuk Toyota Calya paling murah, yaitu tipe 1.2 E STD M/T dibanderol Rp 132.300.000. Sementara itu, untuk Daihatsu Sigra paling murah, yaitu 1.0 D MT dilepas Rp 108,9 juta.

Artikel Selanjutnya
Siap-Siap, Wuling Bakal Acak-Acak Duet Calya-Sigra
Artikel Selanjutnya
Harga Wuling Cortez Senggol Kelas di Bawahnya, Kemurahan?