Sukses

Transaksi Kendaraan Bekas di OLX Tembus Rp 27,5 Triliun per Bulan

Liputan6.com, Jakarta Transaksi jual-beli secara online saat ini memang tengah berkembang pesat, tidak terkecuali di situs OLX. Bahkan, sektor otomotif menjadi salah satu kategori penyumbang terbesar di situs daring jual-beli tersebut.

Dijelaskan Edward Kilian Suwignjo, Chief Marketing Officer OLX Indonesia, berdasarkan data terakhir, terdapat lebih dari 140 ribu penjual mobil bekas, dan lebih dari 150 ribu penjual motor bekas setiap bulan.

"Untuk jumlah calon pembeli mobil bekas mencapai 580 ribu setiap bulan, sedangkan calon pembeli motor sekitar 550 ribu setiap bulan," ujar Edward saat berbincang dengan wartawan di Trattoria, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (23/8/2017).

Lanjut pria yang akrab disapa Kiki ini, dalam catatan OLX, transaksi untuk kategori mobil bekas bisa mencapai Rp 26 triliun setiap bulan, sedangkan untuk motor bekas bisa mencapai Rp 1,5 triliun.

"Dinamisnya pasar jual-beli mobil di OLX diikuti dengan volume transaksi yang juga tinggi, memberikan kesempatan kepada OLX untuk merekam pergerakan pasar serta tren yang terjadi di industri ini," tegasnya.

Selain jual-beli mobil dan motor bekas, untuk perputaran transaksi di aksesoris juga cukup tinggi. Untuk kategori ini, bisa dibagi menjadi dua, yaitu mobil dan motor.

Untuk aksesori mobil, sebanyak 173 ribu per bulan aksesori terjual di kuartal pertama, dan 129 ribu per bulan di kuartal kedua. Untuk motor, sebanyak 117 ribu aksesori per bulan terjual sepanjang kuartal pertama, dan 81 ribu per bulan terjual di kuartal kedua.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Tren Jual-Beli Mobil Bekas

Jika berbicara tren mobil bekas yang banyak terjual di Indonesia melalui sistem online, segmen MPV masih tetap jadi primadona. Bahkan, menurut data yang dikeluarkan OLX, sepanjang kuartal kedua tahun ini, iklan mobil MPV masih mendominasi.

"Untuk persentasenya, MPV itu 45,2 persen, disusul hatchback 19,1 persen, lalu sedan 16,8 persen, dan SUV 16,3 persen," tambah Agung Iskandar, Chief Commercial Officer OLX Indonesia di tempat yang sama.

Sedangkan untuk persentase penjualan atau mobil MPV yang bisa terjual jika pasang iklan di OLX, tetap menunjukkan angka yang tinggi, sekitar 45 sampai 50 persen.

Loading