Sukses

Mercedes-Benz Siapkan Mesin Kecil 1,2 Liter

Liputan6.com, Stuttgart - Mercedes-Benz dikenal sebagai pabrikan mobil mewah yang punya mesin dengan kubikasi relatif besar. Namun kabar terakhir menyebut ke depannya pabrikan Jerman ini juga bakal mengembangkan mesin kecil.

Melansir Autocar UK, Jumat (26/5/2017), Mercy disebutkan akan meluncurkan mesin 1,2 liter sampai 1,4 liter pada mobil kompak entry level mereka.

Lebih jauh, dikatakan bahwa mesin ini diberi kode M282. Menariknya lagi, ternyata mesin ini tidak dikembangkan sendiri oleh Mercy, melainkan dibuat dengan menggandeng Renault-Nissan.

Dengan aliansi ini, Mercy tidak melakukan semuanya dari nol. Meski tidak disebutkan secara spesifik poin-poin kerja sama, namun yang jelas mereka dapat banyak belajar karena Renault-Nissan lebih berpengalaman dalam membuat mesin seperti itu.

M282 dikatakan mungkin akan terinstal pada mobil-mobil berukuran lebih kecil seperti B-class, GLA, dan CLA. Laman NDTV Auto bahkan mengatakan kalau mesin ini dapat dipakai pada SUV terbaru mereka yang sampai saat ini diketahui bernama GLB.

Sayangnya, sejauh ini belum ada informasi lebih jauh soal mesin 1,2 liter ini, termasuk soal waktu peluncuran. Namun sumber menyebut rumornya ia bakal diluncurkan pada pertengahan 2018.

Namun yang jelas, mesin kecil itu punya beberapa kelebihan. Seperti motivasi Mercy, mesin ini dibuat karena ia pada umumnya ramah lingkungan serta lebih hemat.

Sebagai informasi tambahan, tahun lalu Mercedes-Benz baru saja meluncurkan empat mesin sekaligus. Keempatnya adalah mesin bensin 3,0 liter inline-six, Diesel 3,0 liter inline-six, 4,0 liter twin-turbo V8, dan mesin 2,0 liter empat-silinder.